Tim Implementasi SAK
Ikatan Akuntan Indonesia


Tugas dari Tim Implementasi SAK IAI adalah sebagai berikut:
  1. Meningkatkan pemahaman publik mengenai IFRS serta PSAK lainnya dalam rangka persiapan implementasi program konvergensi IFRS IAI melalui kegiatan sosialisasi, diskusi, diseminasi, pendidikan dan pelatihan serta kegiatan lainnya.
  2. Memberikan masukan kepada DPN, Dewan Konsultatif Standar Akuntansi Keuangan (DKSAK) dan DSAK IAI dalam rangka menyikapi isu, konsultasi, dan permasalahan dalam rangka persiapan dan implementasi program konvergensi IFRS IAI.
  3. Melakukan penelitian dan pengkajian untuk meningkatkan kualitas pelaporan keuangan dalam rangka implementasi program konvergensi IFRS IAI.
  4. Senantiasa berkoordinasi dengan DKSAK dan DSAK dalam pelaksanaan aktivitasnya.


Susunan Pengurus:

Budi Susanto
Ketua Tim Implementasi SAK

Beliau merupakan Ketua Tim Implementasi Standar Akuntansi Keuangan Ikatan Akuntan Indonesia (TISAK IAI).

Sebelumnya beliau menjabat sebagai salah satu anggota Dewan Standar Akuntansi Keuangan IAI (2008-2014). 

Saat ini beliau menjabat sebagai Partner dan menjabat sebagai  Head of Audit and Assurance Services (Audit & Assurance Leader) pada KAP Siddharta Widjaja &Rekan (KPMG) Indonesia.  Budi juga memiliki tanggung jawab sebagai partner in charge untuk capital market dan IFRS conversion services di KPMG Indonesia. 

Beliau menyelesaikan pendidikan S1 Akuntansi di Universitas Tarumanegara tahun 2002, memperoleh gelar Master of Business Administration di University of Western Australia Perth tahun 2008, serta menyelesaikan Executive, Education Programees, Leadership and Marketing di INSEAD tahun 2017


Danil S. Handaja
Wakil Ketua Tim Implementasi SAK

Danil S. Handaja adalah Wakil Ketua Tim Implementasi Standar Akuntansi keuangan (TISAK) Ikatan Akuntan Indonesia periode 2020-2024. Sebelumnya, beliau merupakan Wakil ketua Dewan Standar Akuntansi Keuangan IAI (DSAK IAI) untuk periode 2013–2018 kemudian diangkat kedua kalinya untuk periode 2018-2020.

Danil S. Handaja merupakan Partner di KAP Purwantono, Sungkoro & Surja, Ernst & Young (EY) Indonesia dan merupakan Indonesia Assurance Financial Services Organization (FSO) Leader dan ASEAN Assurance Government and Public Sector (GPS) Leader.

Danil S. Handaja memperoleh gelar Master Business Administration in Corporate and Financial Strategic dari University of Western Australia. Danil S. Handaja memiliki pengalaman lebih dari 20 tahun di bidang lembaga keuangan bank maupun non-bank serta pasar modal baik di dalam maupun di luar Indonesia.

Danil S. Handaja juga merupakan anggota dari EY Financial Instruments Help Desk yang bertugas untuk memandu tim lainnya untuk menginterpretasikan isu-isu instrumen keuangan dan derivatif. Beliau juga merupakan dewan pengarah Working Group IFRS 13: Fair Value Measurement dan IFRS 9: Financial Instruments yang dibentuk oleh DSAK IAI dan OJK.

Arie Pratama
Anggota Tim Implementasi SAK

Arie Pratama, adalah anggota Tim Implementasi SAK IAI. Beliau saat ini aktif sebagai dosen di Universitas Padjajaran baik untuk program S2, S1 maupun D3 PAAP. Selain di Universitas Padjajaran beliau merupakan Dosen di President University dan Universitas Kristen Maranatha. Sebelumnya beliau aktif sebagai asistensi kegiatan penelitian, pelatihan, dan pengkajian akuntansi pemerintah yang bekerjasama dengan DJKD-Kementerian Dalam Negeri (2007-2011), Staf pada Lembaga Penelitian, Pengkajian, dan Pengabdian Kepada Masyarakat Bidang Akuntansi Universitas Padjajaran (2010-2015), Staf Wakil Dekan I bidang Pembelajaran, Kerjasama, dan Kemahasiswaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjajaran (2011-2015). Beliau menyelesaikan pendidikan S1 Akuntansi di Universitas Padjajaran tahun 2009, menyelesaikan program Magister Akuntansi di Universitas Padjajaran tahun 2012.

Stefanus Ariyanto
Anggota Tim Implementasi SAK

Stefanus Ariyanto adalah anggota Tim Implementasi SAK IAI. Saat ini beliau menjabat sebgai  Ketua Program Studi Akuntansi Universitas Multimedia Nusantara (UMN). Sebelumnya Stefanus adalah Ketua Jurusan Akuntansi dan Keuangan di Universitas Bina Nusantara (2013-2018) dan aktif sebagai Kepala Lab Akuntansi dan Ketua Tax Centre Universitas Bina Nusantara (2010 – 2013). Beliau menyelesaikan pendidikan S1 Akuntansi di Universitas Indonesia tahun 1995, menyelesaikan Program Magister Akuntansi di Universitas Indonesia tahun 2008.

Renaldi Giovani Ndoen
Anggota Tim Implementasi SAK

Renaldi Giovani Ndoen adalah anggota Tim Implementasi SAK IAI. Saat ini beliau menjabat sebagai Manager Audit Services pada KAP Siddharta Widjaja dan Rekan (KPMG). Beliau memiliki pengalaman di bidang Otomotif, Pembangkit Listrik, Makanan, Minuman dan Barang Konsumsi, Produk Industri, Farmasi, Layanan Kesehatan. Beliau menyelesaikan pendidikan S1 Akuntansi di Universitas Atma Jaya Yogyakarta, menyelesaikan Pendidikan Profesi Akuntansi di Universitas Gadjah Mada.

Alexander Tansil
Anggota Tim Implementasi SAK

Alexander Tansil adalah anggota Tim Implementasi SAK IAI. Saat ini beliau menjabat sebagai Associate Director pada KAP Imelda dan Rekan (Deloitte) yang berfokus pada implementasi IFRS-PSAK di Indonesia. Sebelumnya beliau bekerja di Deloitte Hong Kong untuk menangani proyek  Implementasi IFRS 17 untuk klien asuransi multinasional. Beliau menyelesaikan pendidikan S1 Akuntansi di Universitas Kristen Petra Surabaya, menyelesaikan Program Profesi Akuntansi di Universitas Trisakti.

Surya Mardi Dominic
Anggota Tim Implementasi SAK

Surya Mardi Dominic adalah anggota Tim Implementasi SAK IAI. Saat ini beliau menjabat sebagai Senior Manager Group Accounting Controller PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. (Telkom). Sebelumnya Surya bekarja sebagai Financial & Accounting Controller di Telekomunikasi Indonesia International Australia (Telkom Australia) (2016-2017). Beliau menyelesaikan pendidikan S1 Akuntansi di Universitas Trisakti tahun 2003, memperoleh Master of Management di PPM School of Management tahun 2005 dan menyelesaiakan Program Doctor di Deakin University, Melbourne-Australia tahun 2017.

Didik Purwanto
Anggota Tim Implementasi SAK

Didik Purwanto adalah Anggota Tim Implementasi SAK IAI. Saat ini beliau menjabat sebagai Direktur Utama PT Elnusa Trans Samudera. Sebelumnya Beliau adalah Vice President of Controller PT Elnusa Tbk. (Nov 2018 - Maret 2019), Director of Finance & Administration di PT Elnusa Petrofin (2014-2018) dan Senior Manager Financial Accounting (2009-2011). Beliau menyelesaikan pendidikan S1 Akuntansi di Universitas Trisakti tahun 2011, memperoleh gelar Master of Science in Investment di Universitas of Birmingham, United Kingdom tahun 2013.

Arryu Rima Amin
Anggota Tim Implementasi SAK

Arryu Rima Amin adalah anggota Tim Implementasi SAK IAI. Saat ini beliau menjabat sebagai Consultant Manager pada KAP Tanudireja, Wibisana, Rintis & Rekan (PwC). Arryu memiliki pengalaman dalam menangani masalah Akuntansi, dampak dari pernyataan akuntansi baru dan pelaporan keuangan. Arryu juga aktif terlibat dalam persiapan dan pengembangan materi pelatihan untuk internal dan eksternal. Sebelumnya Arryu adalah pemberi jasa konsultan dengan dasar PSAK pada PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk dan jasa pelatihan akuntansi dengan dasar PSAK dan IFRS untuk industri telekomunikasi pada PT Indosat Tbk dan PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk.

© IKATAN AKUNTAN INDONESIA 2021