Tim Implementasi SAK
Ikatan Akuntan Indonesia


Tugas dari Tim Implementasi SAK IAI adalah sebagai berikut:
  1. Meningkatkan pemahaman publik mengenai IFRS serta PSAK lainnya dalam rangka persiapan implementasi program konvergensi IFRS IAI melalui kegiatan sosialisasi, diskusi, diseminasi, pendidikan dan pelatihan serta kegiatan lainnya.
  2. Memberikan masukan kepada DPN, Dewan Konsultatif Standar Akuntansi Keuangan (DKSAK) dan DSAK IAI dalam rangka menyikapi isu, konsultasi, dan permasalahan dalam rangka persiapan dan implementasi program konvergensi IFRS IAI.
  3. Melakukan penelitian dan pengkajian untuk meningkatkan kualitas pelaporan keuangan dalam rangka implementasi program konvergensi IFRS IAI.
  4. Senantiasa berkoordinasi dengan DKSAK dan DSAK dalam pelaksanaan aktivitasnya.


Susunan Pengurus:

Ade Ikhwan
Anggota

Ade Ikhwan adalah Anggota Tim Implementasi Standar Akuntansi Keuangan Ikatan Akuntan Indonesia (TISAK IAI) untuk periode 2015 – 2019. Saat ini beliau menjabat sebagai Direktur Keungan pada PT.Wartsila Indonesia serta rekan pada KAP Gideon, Ikhwan & Sofwan. Beliau memiliki pengalaman lebih dari 19 tahun dalam bidang akuntansi, konsultasi, dan audit pada perusahaan nasional, multi nasional, BUMN dan emiten. Beliau sering dilibatkan sebagai narasumber pada banyak seminar dan workshop di Ikatan Akuntan Indonesia (IAI), Lembaga Manajemen UI (LM-UI), dan berpengalaman sebagai dosen pada FEUI dan FISIP UI. Beliau juga aktif mengikuti pelatihan di dalam dan luar negeri berkaitan dengan keuangan dan akuntansi, dan aktif sebagai anggota Forum Akuntan Pasar Modal (FAPM). Beliau menamatkan pendidikan S1 pada Fakultas Ekonomi jurusan akuntansi Universitas Indonesia, serta memiliki gelar CA, CPA, CMA, dan BKP.

Ancella Hermawan
Anggota

Ancella Anitawati Hermawan adalah Anggota Tim Implementasi Standar Akuntansi Keuangan Ikatan Akuntan Indonesia (TISAK IAI) untuk periode 2015 – 2019. Saat ini beliau menjabat sebagai Kepala Departemen Akuntansi, serta dosen tetap pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia. Beliau juga menjabat sebagai Anggota Komite Monitoring Risiko pada PT. Bank BNI, Tbk. Disamping itu beliau juga menjabat sebagai Anggota Komite Audit PT. Bank Permata, Tbk. dan PT. Ekadharma, Tbk. Beliau aktif dalam riset akuntansi, diantaranya The Effect of Board of Commissionners and Audit Committee Effectiveness, Family Ownership, and Role of Bank Monitoring, on Informativeness of Earnings, yang merupakan disertasi beliau; The Effect of Board of Commissionners and Audit Committee Effectiveness on Informativeness of Earnings, yang dimuat pada Jurnal Asia Pacific Journal of Accounting and Finance; The Effect of Bank Monitoring as an Alternative of Corporate Governance Mechanisms on The Borrowers’ Firm Value: Evidence From Indonesian Listed Firms, yang dipresentasikan pada acara 24th Australasian Banking and Finance Conference, Sydney, Australia dan pada 3rd World Finance Conference, Rio de Janeiro, Brasil; dan riset akuntansi lainnya. Beliau juga sering menjadi narasumber pada seminar dan workshop yang diadakan oleh Pemerintah, Universitas, Ikatan Akuntan Indonesia (IAI), dan lembaga-lembaga negara maupun swasta. Beliau menamatkan pendidikan S1 pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis jurusan akuntansi Universitas Indonesia, kemudian lulus dari program Master of Business Administration (MBA) in Finance and Accounting pada Washington University, St. Louis, USA. Dan beliau mendapatkan gelar Doktor akuntansi dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia.

Arie Pratama
Anggota

Arie Pratama adalah Anggota Tim Implementasi Standar Akuntansi Keuangan Ikatan Akuntan Indonesia (TISAK IAI) untuk periode 2015 – 2019. Saat ini beliau menjabat sebagai dosen tetap pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Padjajaran (Unpad), serta Staf pada Lembaga Penelitian, Pengkajian, dan Pengabdian Kepada Masyarakat Bidang Akuntansi (LP3A) FEB Unpad; Staf pada Pusat Studi Perpajakan FEB Unpad; dan Staf Pembantu/Wakil Dekan I bidang Pembelajaran, Kerjasama, dan Kemahasiswaan FEB Unpad. Beliau pernah menjadi Auditor pada Kantor Akuntan Publik Jojo Sunarjo, Ruchiat, dan Arifin; serta Anggota Tim Penyusun Pemutakhiran Pedoman Fungsi Keuangan sesuai dengan IFRS pada PT Pertamina Drilling Service Indonesia. Beliau aktif dalam riset akuntansi, diantaranya Critical Success Factors Analysis On International Financial Reporting Standard Implementation In Indonesia (co author with Sinta Susilawati) yang dipresentasikan dalam Brawijaya International Conference of Accounting and Business, Universitas Brawijaya; Pemeriksaan Keuangan Negara Berbasis Teknologi Informasi: Implementasi E-Audit Pada Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia, yang dimuat pada Jurnal Akuntansi dan Keuangan, Vol VIII Nomor 1, Juli – Desember 2013; Analysis Of Gap Between Small Medium Enterprise Tax Collection Model And Small Medium Enterprise Taxpayer Condition (Survey Of Small Medium Enterprise Taxpayer In Bandung, West Java, Indonesia ) – co authored with Rilya Aryancana yang dipresentasikan dalam International Conference on Governance di Universitas Trisakti. Beliau juga sering menjadi narasumber pada seminar dan workshop yang diadakan oleh Pemerintah, Universitas, Ikatan Akuntan Indonesia (IAI), dan lembaga-lembaga negara maupun swasta. Beliau menamatkan pendidikan S1 pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis jurusan akuntansi Universitas Padjajaran, kemudian lulus dari program Magister Akuntansi FEB Unpad konsentrasi Akuntansi Pemerintahan. Beliau juga memperoleh sertifikasi CPSAK dari IAI, CPMA dari IAMI, dan ACCA CertIFR.

Budi Susanto
Anggota

Budi Susanto adalah Anggota Tim Implementasi Standar Akuntansi Keuangan Ikatan Akuntan Indonesia (TISAK IAI) untuk periode 2015 – 2019. Saat ini beliau menjabat sebagai rekan pada KAP Siddharta Widjaja & Rekan (KPMG). Sebelumnya beliau pernah menjabat sebagai member of topic team: leases, investment property, and service concession pada KPMG Asia Pasifik; Partner at Department of Professional and Practice pada KPMG Indonesia; dan Partner in Charge for IFRS Services pada KPMG in Indonesia. Beliau memiliki pengalaman luas dalam penyediaan jasa audit dan atestasi untuk perusahaan-perusahaan dalam bidang holding investasi, pembangkit listrik, telekomunikasi, hotel, jasa, manufaktur, perdagangan, dan pertanian/perkebunan pada perusahaan-perusahaan multinasional, joint venture, dan perusahaan nasional. Selain itu, beliau juga memiliki pengalaman yang luas dalam memberikan jasa konsultasi dan implementasi kepada klien-klien atas permasalahan Standar Akuntansi Keuangan (SAK) dan IFRS serta isu rekonsiliasi dan adopsinya. Beliau menamatkan pendidikan S1 pada Fakultas Ekonomi jurusan akuntansi Universitas Tarumanagara, serta menyelesaikan program Master of Business Administration (MBA) dari University of Western Australia. Beliau juga memiliki kualifikasi CA dan CPA.

Suwandi
Anggota

Suwandi adalah Anggota Tim Implementasi Standar Akuntansi Keuangan Ikatan Akuntan Indonesia (TISAK IAI) untuk periode 2015 – 2019. Saat ini beliau menjabat sebagai Direktur Group Akuntansi dan Anggaran pada Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) serta pernah menjadi auditor BPKP pada tahun 1992 hingga tahun 2006. Beliau memiliki pengalaman panjang dan mendalam dalam bidang akuntansi, keuangan, dan audit. Jenis audit yang pernah dilakukan diantaranya Investigative Audit and Verification, Financial Audit, and Operational Audit. Beliau juga berpengalaman sebagai Tim Pendukung Sekretariat Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK), Kementerian Keuangan RI; Tim Penanganan Bank Century – LPS; Tim Penjualan Bank Mutiara; Tim Perumus RUU Jaring Pengaman Sistem Keuangan; Tim Perumus Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Jaring Pengaman Sistem Keuangan; Tim Amandemen Undang-Undang tentang Lembaga Penjamin Simpanan; Tim Pengawalan Amandemen Undang-Undang tentang Usaha Perasuransian; dan Tim Pengawalan Amandemen Undang-Undang tentang Perbankan. Disamping itu beliau berpengalaman sebagai dosen serta instruktur pendidikan dan pelatihan, dan sering menjadi narasumber pada acara seminar dan Focus Group Discussion (FGD) yang diadakan oleh OJK, BI, dan Universitas-universitas ternama. Beliau menamatkan pendidikan Diploma III dan Diploma IV (lulusan terbaik) pada Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN), dan lulus dari Program Pasca Sarjana Magister Manajemen Universitas Lampung dengan konsentrasi Manajemen Keuangan dengan predikat Cumlaude sekaligus sebagai lulusan terbaik. Beliau juga telah mempublikasikan riset dan tulisannya diantaranya, Lima tahun LPS menjamin Simpanan Nasabah dan Menjaga Stabilitas Sistem Perbankan, Distorsi Informasi Laporan Biaya Historis dan Dampaknya terhadap Pengambilan Keputusan, dan Penyelesaian dan Penanganan Bank Gagal oleh LPS.

Tjoa Tjek Nien
Anggota

Tjoa Tjek Nien adalah Anggota Tim Implementasi Standar Akuntansi Keuangan Ikatan Akuntan Indonesia (TISAK IAI) untuk periode 2015 – 2019. Saat ini beliau menjabat sebagai rekan pada KAP Purwantono, Suherman & Surja (Ernst & Young). Beliau memiliki pengalaman lebih dari 20 tahun dalam bidang akuntansi, konsultasi, dan audit pada perusahaan nasional, multi nasional, dan emiten. Beliau sering dilibatkan sebagai narasumber pada banyak seminar dan workshop di banyak institusi. Beliau menamatkan pendidikan S1 pada Fakultas Ekonomi jurusan akuntansi Universitas Atmajaya, dan PPAk pada Universitas Trisakti, serta memperoleh gelar CPA pada tahun 2012.

Jumadi Anggana
Anggota

Jumadi Anggana adalah Anggota Tim Implementasi Standar Akuntansi Keuangan Ikatan Akuntan Indonesia (TISAK IAI) untuk periode 2015 – 2019. Saat ini beliau menjabat sebagai rekan pada KAP Tanudiredja, Wibisana & Rekan (PriceWaterhouseCoopers). Beliau memiliki pengalaman lebih dari 19 tahun dalam memimpin jasa audit perusahaan-perusahaan yang terdaftar di bursa efek, perusahaan-perusahaan swasta besar, dan BUMN. Selain itu, beliau juga memiliki pengalaman yang luas dalam memberikan jasa konsultasi kepada klien-klien atas permasalahan akuntansi yang kompleks, structuring, merger dan akuisisi (M&A), proyeksi finansial, dampak atas standar akuntansi baru dan rekonsiliasi antara PSAK dengan US GAAP dan IFRS. Beliau duduk sebagai anggota komite teknis di PwC Indonesia yang memiliki tugas utama mengkaji isu teknis pada akuntansi dan audit serta turut memberikan bantuan teknis kepada tim penugasan terkait isu akuntansi dan audit yang kompleks. Beliau menamatkan pendidikan S1 pada Fakultas Ekonomi jurusan akuntansi Universitas Gadjah Mada pada tahun 1995, serta memperoleh gelar CPA pada tahun 1998.

Ludovicus Sensi Wondabio
Anggota

Ludovicus Sensi Wondabio adalah Anggota Tim Implementasi Standar Akuntansi Keuangan Ikatan Akuntan Indonesia (TISAK IAI) untuk periode 2015 – 2019. Saat ini beliau menjabat sebagai rekan senior pada KAP Sensi Mulyamin Suryanto/MSS (Moore Stephens International). Disamping itu beliau juga aktif mengajar akuntansi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia. Beliau memiliki pengalaman luas dan kompetensi dalam bidang sistem kontrol internal, akuntansi dan audit untuk industri asuransi, asuransi jiwa, reasuransi, dana pensiun, telekomunikasi, dan migas. Beliau duduk sebagai anggota komite audit di PT. Pertamina EP, dan konsultan ahli direktur keuangan di PT. Pertamina (Persero). Beliau sering dilibatkan sebagai narasumber pada banyak seminar dan workshop tentang audit, akuntansi, manajemen, sistem kontrol internal, asuransi, dana pensiun, telekomunikasi, dan migas. Beliau menamatkan pendidikan S1, S2, dan S3 nya pada Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, serta memperoleh gelar CPA pada tahun 1998.

Merliyana Syamsul
Anggota

Merliyana Syamsul adalah Anggota Tim Implementasi Standar Akuntansi Keuangan Ikatan Akuntan Indonesia (TISAK IAI) untuk periode 2015 – 2019. Saat ini Merli menjabat sebagai Partner pada KAP Osman Bing Satrio & Eny (member dari Deloitte Touche Tohmatsu Limited). Disamping itu Merli juga aktif mengajar akuntansi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia. Merli memiliki pengalaman lebih dari 25 tahun dalam bidang akuntansi, konsultasi, dan audit pada perusahaan nasional, multi nasional, dan BUMN untuk industri perbankan, asuransi dan institusi keuangan lainnya, energi dan sumber daya alam, jalan tol, telekomunikasi, dan perusahaan jasa lainnya. Merli sering dilibatkan sebagai narasumber pada banyak seminar dan workshop di banyak institusi termasuk pemerintah, BUMN, Bank Indonesia, serta universitas-universitas ternama. Merli menamatkan pendidikan S1 dan S2  pada Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, memperoleh Register Negara Akuntan pada tahun 1992, serta memperoleh gelar CPA pada tahun 1997. Merli merupakan akuntan beregister pada pasar modal sejak 2003, dan akuntan beregister pada Bank Indonesia sejak 2007. Merli juga memperoleh sertifikasi IFRS dari ICAEW pada tahun 2008.

Poppy Sofia Koeswayo
Anggota

Poppy Sofia Koeswayo adalah Anggota Tim Implementasi Standar Akuntansi Keuangan Ikatan Akuntan Indonesia (TISAK IAI) untuk periode 2015 – 2019. Saat ini beliau menjabat sebagai Komite Audit pada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan PT. Nusantara Regas, serta dosen tetap pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis jurusan Akuntansi Universitas Padjajaran. Beliau memiliki pengalaman yang panjang dan mendalam dalam bidang akuntansi, audit dan perencanaan pajak untuk klien perusahaan nasional, multinasional, BUMN, dan Yayasan pada berbagai sektor industri. Beliau juga sering menjadi narasumber dan konsultan pada seminar dan workshop yang diadakan oleh Pemerintah, Universitas, Ikatan Akuntan Indonesia (IAI), serta berpengalaman dalam menyusun Modul Sistem Keuangan Daerah untuk Badan Diklat BPK RI, dan sebagai Tim Ahli dalam pekerjaan penyusunan dan penyempurnaan Pedoman Akuntansi di PT. Pertamina Hulu Energi (PHE) dan PT. Pertamina EP. Beliau juga berpengalaman dalam perancangan dan pengembangan desain sistem informasi akuntansi dan implementasi pada PTPN XII, PT. Pos Indonesia (Persero), Pemda Jawa Barat, Kabupaten Waringin Barat, Kabupaten Subang, Kabupaten Garut, Kabupaten Bandung, Kota Tangerang, Kota Bandung, Kabupaten Kapuas, dan Kabupaten Sukamara. Beliau menamatkan pendidikan S1 pada Fakultas Ekonomi jurusan akuntansi Universitas Padjajaran. Kemudian lulus dari program Master of Accountancy pada University of Kentucky at Lexington, USA. Dan beliau mendapatkan gelar Doktor manajemen bisnis dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjajaran.

Sylvia Veronica Siregar
Anggota

Sylvia Veronica N.P. Siregar adalah Anggota Tim Implementasi Standar Akuntansi Keuangan Ikatan Akuntan Indonesia (TISAK IAI) untuk periode 2015 – 2019. Saat ini beliau menjabat sebagai Ketua Program Pascsarjana Ilmu Akuntansi, serta staf pengajar pada program studi S1 Akuntansi, S2 Magister Akuntansi dan PPAk, S2 Magister Manajemen, S2 Pascasarjana Ilmu Manajemen, S2 Pascasarjana Ilmu Akuntansi, dan S3 Pascasarjana Ilmu Akuntansi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI). Beliau telah memperoleh beberapa penghargaan, diantaranya penghargaan bagi Dosen/Peneliti UI, Peneliti Terbaik, Dosen Terbaik, Predikat Cumlaude, dan wisudawan berprestasi. Beliau juga menjabat sebagai Anggota Komite Audit pada PT. SLJ Global, Tbk, Anggota Komite Audit PT. Asuransi Samsung Tugu, dan Anggota Komite Audit PT. Taisho Pharmaceutical Indonesia, Tbk. Disamping itu beliau merupakan konsultan pada Bank Indonesia dalam penyusunan Kebijakan Akuntansi Keuangan Bank Indonesia (KAK BI), Badan Supervisi Bank Indonesia dalam kajian tentang Pelaporan Keuangan Bank Indonesia, WorldBank dalam Assessment for Updating Report on Observance of Standards and Codes Accounting and Auditing (ROSC AA), PT. Telkom, Tbk dalam penyusunan Financial Reporting Governance Book, PT. Pertamina (Persero) dalam Review on Corporate Governance Delivery, Bursa Efek Indonesia, dan PT. PLN (Persero) dalam Kajian Proyeksi Harga Energi Primer dan Pengaruhnya terhadap Biaya Produksi. Beliau aktif dalam riset akuntansi, diantaranya The Value Relevance of Foreign Translation Adjustment: Case of Indonesia, yang dimuat pada jurnal Academy of Accounting and Financial Studies Journal; Fraud Awareness Survey of Private Sector in Indonesia, yang dimuat pada Jurnal Journal of Financial Crime; Dividend Payment and Earnings Quality: Evidence from Indonesia, yang dimuat pada jurnal International Journal of Accounting & Information Management; dan riset akuntansi lainnya. Beliau juga aktif sebagai penulis buku Akuntansi Keuangan berdasarkan SAK berbasis IFRS (buku 1), dan Akuntansi Keuangan Menengah berbasis PSAK (buku 1 dan buku 2). Beliau juga sering menjadi narasumber pada seminar dan workshop yang diadakan oleh Pemerintah, Universitas, Ikatan Akuntan Indonesia (IAI), dan lembaga-lembaga negara maupun swasta. Beliau menamatkan pendidikan S1, S2, dan S3 pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis jurusan akuntansi Universitas Indonesia dengan predikat cumlaude. Beliau memiliki sertifikasi CIMA (ACMA dan CGMA), sertifikasi dosen, dan IFRS Certificate.

© IKATAN AKUNTAN INDONESIA 2017