Tim Implementasi SAK
Ikatan Akuntan Indonesia


Tugas dari Tim Implementasi SAK IAI adalah sebagai berikut:
  1. Meningkatkan pemahaman publik mengenai IFRS serta PSAK lainnya dalam rangka persiapan implementasi program konvergensi IFRS IAI melalui kegiatan sosialisasi, diskusi, diseminasi, pendidikan dan pelatihan serta kegiatan lainnya.
  2. Memberikan masukan kepada DPN, Dewan Konsultatif Standar Akuntansi Keuangan (DKSAK) dan DSAK IAI dalam rangka menyikapi isu, konsultasi, dan permasalahan dalam rangka persiapan dan implementasi program konvergensi IFRS IAI.
  3. Melakukan penelitian dan pengkajian untuk meningkatkan kualitas pelaporan keuangan dalam rangka implementasi program konvergensi IFRS IAI.
  4. Senantiasa berkoordinasi dengan DKSAK dan DSAK dalam pelaksanaan aktivitasnya.


Susunan Pengurus:

Budi Susanto
Ketua Tim Implementasi SAK

Budi Susanto, adalah Ketua Tim Implementasi Standar Akuntansi Keuangan Ikatan Akuntan Indonesia (TISAK IAI). Saat ini beliau menjabat sebagai Partner dan menjabat sebagai  Head of Department of Profesional and Practice pada KAP Siddharta Widjaja &Rekan (KPMG). Sebelumnya beliau menjabat sebagai salah satu anggota Dewan Standar Akuntansi Keuangan IAI (2008-2014), salah satu Member of KPMG Asia Pacific IFRS dengan topik Properti investasi dan Jasa Konsensi. Beliau memiliki keahlian dalam bidang audit private equity, perkebunan/agrikultur, telekomunikasi, hotel, jasa, manufaktur, dan perdagangan. Beliau menyelesaikan pendidikan S1 Akuntansi di Universitas Tarumanegara tahun 2002, memperoleh gelar Master of Business Administration di University of Western Australia Perth tahun 2008, serta menyelesaikan Executive, Education Programees, Leadership and Marketing di INSEAD tahun 2017.

Jumadi Anggana
Wakil Ketua Tim Implementasi SAK

Jumadi, adalah Wakil Ketua Tim Implementasi SAK IAI. Beliau saat ini menjabat sebagai Partner di KAP Tanudireddja, Wibisana, Rintis &b Rekan (PwC Indonesia) sebagai Pemimpin Tim Capital Market and Accounting Advisory Services yang menyediakan jasa terkait dengan pelaporan keuangan dengan dasar PSAK dan IFRS. Sebelumnya Jumadi adalah anggota Dewan Standar Akuntansi Keuangan (2005-2012) dan Partner di KAP Siddharta Widjaja & Rekan (KPMG (1995-2007).  Beliau menyelesaikan pendidikan S1 Akuntansi di Universitas Gadjah Mada tahun 1995. 

Arie Pratama
Anggota Tim Implementasi SAK

Arie Pratama, adalah anggota Tim Implementasi SAK IAI. Beliau saat ini aktif sebagai dosen di Universitas Padjajaran baik untuk program S2, S1 maupun D3 PAAP. Selain di Universitas Padjajaran beliau merupakan Dosen di President University dan Universitas Kristen Maranatha. Sebelumnya beliau aktif sebagai asistensi kegiatan penelitian, pelatihan, dan pengkajian akuntansi pemerintah yang bekerjasama dengan DJKD-Kementerian Dalam Negeri (2007-2011), Staf pada Lembaga Penelitian, Pengkajian, dan Pengabdian Kepada Masyarakat Bidang Akuntansi Universitas Padjajaran (2010-2015), Staf Wakil Dekan I bidang Pembelajaran, Kerjasama, dan Kemahasiswaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjajaran (2011-2015). Beliau menyelesaikan pendidikan S1 Akuntansi di Universitas Padjajaran tahun 2009, menyelesaikan program Magister Akuntansi di Universitas Padjajaran tahun 2012.

© IKATAN AKUNTAN INDONESIA 2019