Kompartemen Kantor Jasa Akuntan
Ikatan Akuntan Indonesia


IAI Kompartemen Akuntan Kantor Jasa Akuntan (IAI KA-KJA) dibentuk untuk mengakomodir secara khusus akuntan yang berkiprah di Kantor Jasa Akuntan (KJA). Peran Akuntan Anggota IAI yang menjalankan kegiatan profesionalnya melalui KJA semakin dibutuhkan masyarakat. Jumlah Akuntan Anggota IAI yang mendirikan KJA mengalami peningkatan yang signifikan dari waktu ke waktu. Kondisi ini jelas membutuhkan kontribusi optimal profesi, sehingga Akuntan yang memiliki izin pendirian KJA perlu bernaung dalam wadah organisasi IAI secara khusus. 


Susunan Pengurus:

Dra. Tia Adityasih, SH., M.Ak., CPA., CA
Ketua KA KJA IAI
Profil:

Diangkat menjadi ketua Kompartemen Akuntan Kantor Jasa Akuntansi Ikatan Akuntan Indonesia (KAKJA IAI) berdasarkan KEP-12/SK/DPN/IAI/II/2019 tanggal 20 Februari 2019 tentang Penetapan Susunan Pengurus Kompartemen Akuntan Kantor Jasa Akuntan Ikatan Akuntan Indonesia Periode 2019-2021.

Saat ini beliau menjabat sebagai Praktisi Akuntan Publik di KAP Purwantono, Sungkoro & Surja / Ernst & Young (EY) Indonesia.Tia adalah partner Ernst & Young Indonesia (KAP Purwantono,Sungkoro & Surja) dengan pengalaman lebih dri 38 tahun di kantor akuntan publik. Beliau juga masih aktif mengajar akuntansi pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia.

Pada 1990 Tia mendirikan sendiri Kantor Akuntan Publik Tia Adityasih & Rekan. Ia juga pernah menjadi tenaga ahli di BPK RI Bidang Pengembangan Profesi Akuntan dan Peningkatan Kualitas Pemeriksaan.

Beliau juga menjabat sebagai Anggota Dewan Pengawas Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI) dan Anggota Dewan Pengurus Nasional Ikatan Akuntan Indonesia (DPN IAI) (2014-2018). Sebelumnya, beliau pernah menjabat sebagai Ex-officio Anggota DPN IAI sebagai Ketua IAPI (2010-2012), Ketua Ikatan Akuntan Indonesia Kompartemen Akuntan Publik (IAI KAP) (2003-2007).

Beliau lahir pada 22 Desember. Beliau meraih gelar sarjana di bidang Akuntansi dari Universitas Indonesia dan juga mendapat gelar sarjana di bidang Hukum dari Fakultas Hukum Universitas Kristen Indonesia, serta gelar pasca sarjana di bidang Akuntansi dari Universitas Indonesia.

Feroza Ranti, CA
Wakil Ketua I - Bidang Kualitas (Kompetensi dan Profesionalisme)
Profil:

Diangkat menjadi Wakil Ketua I - Bidang Kualitas (Kompetensi dan Profesionalisme) Kompartemen Akuntan Kantor Jasa Akuntansi Ikatan Akuntan Indonesia (KAKJA IAI) berdasarkan KEP-12/SK/DPN/IAI/II/2019 tanggal 20 Februari 2019 tentang Penetapan Susunan Pengurus Kompartemen Akuntan Kantor Jasa Akuntan Ikatan Akuntan Indonesia Periode 2019-2021. 

Saat ini beliau bekerja sebagai Managing Partner PT Kantor Jasa Akuntan (KJA) Langgeng. Beliau adalah Praktisi Akuntan yang berkarir di dunia accounting, finance dan management dalam waktu kurun lebih dari 10 tahun. Di awal karirnya, beliau lebih banyak aktif sebagai software accounting designer, trainer software accounting dan sudah menerbitkan satu buku dibidang software accounting. Beliau juga menjabat sebagai Committee Audit di T. Pollux Properti Indonesia Tbk. Jabatan terakhir beliau di industri oil dan gas adalah sebagai Finance and Administration Manager.

Beliau lahir pada 21 februari 1982 . Beliau meraih gelar Sarjana dari Fakultas Akuntansi Universitas Gadjah Mada dan Pendidikan Profesi Akuntansi dari Universitas Gadjah Mada.

Endang Martiwi, MM, CA
Wakil Ketua II - Bidang Promosi (Humas & Kerjasama Antar Lembaga)
Profil:

Diangkat menjadi Wakil Ketua II - Bidang Promosi (Humas & Kerjasama Antar Lembaga)

Kompartemen Akuntan Kantor Jasa Akuntansi Ikatan Akuntan Indonesia (KAKJA IAI)  berdasarkan KEP-12/SK/DPN/IAI/II/2019 tanggal 20 Februari 2019 tentang Penetapan Susunan Pengurus Kompartemen Akuntan Kantor Jasa Akuntan Ikatan Akuntan Indonesia Periode 2019-2021.

Saat ini beliau bekerja sebagai pimpinan Kantor Jasa Akuntan “Endang Martiwi” pada tanggal 19 April 2018. Beliau memiliki pengalaman 33 tahun bekerja untuk Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dan juga memiliki pengalaman dalam peninjauan khusus dan prosedur yang disepakati (AUP). Pangkat masa jabatan terakhir beliau di BPKP adalah sebagai Pembina Utama Madya Golong 4D. Selain itu, beliau memiliki pengalaman dalam praktik ilmu akuntansi dan keuangan perminyakan dan gas.

Beliau memiliki gelar Doctorandus di bidang Akuntansi dari Fakultas Ekonomi Universitas Padjajaran tahun 1995.

Feber Sormin, SE.,M.Ak.,Ak.,CA
Wakil Ketua III - Bidang Inklusif (Pengembangan & Pengabdian Masyarakat)
Profil:

Diangkat menjadi Wakil Ketua III - Bidang Inklusif (Pengembangan & Pengabdian Masyarakat) Kompartemen Akuntan Kantor Jasa Akuntansi Ikatan Akuntan Indonesia (KAKJA IAI) berdasarkan KEP-12/SK/DPN/IAI/II/2019 tanggal 20 Februari 2019 tentang Penetapan Susunan Pengurus Kompartemen Akuntan Kantor Jasa Akuntan Ikatan Akuntan Indonesia Periode 2019-2021.

Saat ini beliau bekerja sebagai pimpinan KJA Feber Sormin. Selain itu ia bekerja sebagai Dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (Akuntansi dan Perpajakan) Universitas Mercu Buana dari tahun 2015 sampai sekarang, beliau juga bekerja sebagai Financial and Taxation Manager dibeberapa perusahaan diantaranya. Sebelumnya pernah menjadi Pengurus KJA IAI Wilayah DKI Jakarta dan masih aktif sebagai anggota IKPI.

Lahir di Haunatas, Marancar, Tapanuli 3 Februari 1973, meraih gelar Sarjana akuntansi dari STIE Jayakarta tahun 2001, Pendidikan Profesi Akuntan Universitas Mercu Buana tahun 2013 dan Magister Akuntansi Universitas Mercu Buana pada tahun 2014.

Febrian Kwarto, SE.,M.Ak.,Ak.,CA., ACPA
Anggota Bidang Kualitas (Kompetensi dan Profesionalisme)
Profil:

Diangkat menjadi Anggota Bidang Kualitas (Kompetensi dan Profesionalisme) Kompartemen Akuntan Kantor Jasa Akuntansi Ikatan Akuntan Indonesia (KAKJA IAI) berdasarkan KEP-12/SK/DPN/IAI/II/2019 tanggal 20 Februari 2019 tentang Penetapan Susunan Pengurus Kompartemen Akuntan Kantor Jasa Akuntan Ikatan Akuntan Indonesia Periode 2019-2021.

Saat ini beliau menjabat sebagai Pimpinan Kantor Jasa Akuntan (KJA) Febrian Kwarto. Beliau juga sebagai Dosen Universitas Mercu Buana Kampus Menara Bhakti dan Direktur CV Cipta Pelita Adikarya Konsultan Akuntansi dan Pajak (sejak 2009). Penulis beberapa buku praktik akuntansi juga memiliki beberapa sertifikat Hak Kekayaan Intelektual, Alumni Pondok Modern Gontor Ponorogo. Sebelumnya, beliau pernah sebagai Dosen Akuntansi di beberapa Universitas di Jakarta (2006-2009), Accounting PT Lentera Mahardhika (2001-2006) dan Staff Accounting PT Alfath (1999-2001).

Beliau meraih gelar Strata-1 (S-1) di bidang Akuntansi gelar akuntan dari Universitas Trisakti  Jakarta, dan mendapat gelar Magister Akuntansi dari Universitas Budi Luhur, Jakarta, saat ini sebagai mahasiswa program Strata-3 Doktor Ilmu Akuntansi Universitas Padjajaran Bandung.

Ivan Kanel, CA
Anggota Bidang Kualitas (Kompetensi dan Profesionalisme)
Profil:

Diangkat menjadi Anggota Bidang Kualitas (Kompetensi dan Profesionalisme) Kompartemen Akuntan Kantor Jasa Akuntansi Ikatan Akuntan Indonesia (KAKJA IAI) berdasarkan KEP-12/SK/DPN/IAI/II/2019 tanggal 20 Februari 2019 tentang Penetapan Susunan Pengurus Kompartemen Akuntan Kantor Jasa Akuntan Ikatan Akuntan Indonesia Periode 2019-2021.

Saat ini beliau bekerja sebagai Managing Partner di KJA SK & Co.

Komisioner di PT. Mahakarya Cipta Sentosa, Founder PT. Analis Advis Indonesia, PT. Prodigi Konsultan dan PT. Asia Global Investasi, beliau juga merupakan Partner pada KAP Herman Doddy Tanumihardja & Partner.

Beliau telah menempuh pendidikan sarjana pada tahun 2002 di Universitas Tarumanegara. Pada tahun 2006 beliau mendapatkan gelar Master Finance Universitas Tarumanegara. Beliau juga telah menempuh Pendidikan Profesi Akuntansi Universitas Tarumanegara pada tahun 2008 dan meraih gelar Master Accounting pada tahun 2015.

Dr. Susan Sutedjo, S.E., M.M., M.Ak., Ak., CA., BKP., ACPA., CPA (Aust.)
Anggota Bidang Kualitas (Kompetensi dan Profesionalisme)
Profil:

Diangkat menjadi Anggota Bidang Kualitas (Kompetensi dan Profesionalisme) Kompartemen Akuntan Kantor Jasa Akuntansi Ikatan Akuntan Indonesia (KAKJA IAI)  berdasarkan KEP-12/SK/DPN/IAI/II/2019 tanggal 20 Februari 2019 tentang Penetapan Susunan Pengurus Kompartemen Akuntan Kantor Jasa Akuntan Ikatan Akuntan Indonesia Periode 2019-2021.

Beliau adalah Pemegang Saham dan Direktur PT Synergy Ultima Nobilus yang didirikan pada tahun 2010 dan menjadi KJA pada tahun 2016. Selain itu berkarir sebagai Dosen Tetap Khusus di Fakultas Bisnis dan Ekonomi Universitas Surabaya sejak 1996 sampai saat ini. Beliau memiliki pengalaman lebih dari 27 tahun di bidang akuntansi, keuangan, manajemen, dan perpajakan.

Beliau telah menyelesaikan pendidikan sarjana di Surabaya pada tahun 1993, selanjutnya pendidikan pascasarjana di bidang magister manajemen pada tahun 1997 dan magister akuntansi di tahun 2009. Mendapatkan gelar doktor pada tahun 2019 di bidang manajemen stratejik.

Muhammad Yudhika Elrifi, CA
Anggota Bidang Kualitas (Kompetensi dan Profesionalisme)
Profil:

Diangkat menjadi Anggota Bidang Kualitas (Kompetensi dan Profesionalisme) Kompartemen Akuntan Kantor Jasa Akuntan Ikatan Akuntan Indonesia (KAKJA IAI) berdasarkan KEP-12/SK/DPN/IAI/II/2019 tanggal 20 Februari 2019 tentang Penetapan Susunan Pengurus Kompartemen Akuntan Kantor Jasa Akuntan Ikatan Akuntan Indonesia Periode 2019-2021.

Saat ini beliau bekerja sebagai Founder & Director di KJA KJA M. Yudhika Elrifi, M.Sc, Ak, CA, Supervisor di KAP Indarto Waluyo dan Dosen di Universitas Janabadra Yogyakarta.

Beliau mendapatkan gelar Sarjana Ekonomi dari Universitas Islam Indonesia pada tahun 2011. Selain itu, Beliau juga mendapatkan gelar Master Akuntansi dari Universitas Gadjah Mada tahun 2014.

Anna Yuningsih, SE., MM., Ak., CA
Anggota Bidang Promosi (Humas & Kerjasama Antar Lembaga)
Profil:

Diangkat menjadi Anggota Bidang Promosi (Humas & Kerjasama Antar Lembaga) Kompartemen Akuntan Kantor Jasa Akuntansi Ikatan Akuntan Indonesia (KAKJA IAI) berdasarkan KEP-12/SK/DPN/IAI/II/2019 tanggal 20 Februari 2019 tentang Penetapan Susunan Pengurus Kompartemen Akuntan Kantor Jasa Akuntan Ikatan Akuntan Indonesia Periode 2019-2021.

Saat ini beliau bekerja sebagai pimpinan KJA AnnaTjan. Sebelumnya beliau merupakan akuntan praktisi yang berkarir di dunia accounting, finance dan management seperti di PT. Bumi Insani sebagai Direktur tahun 2014-2015, Finance & Accounting Director DAFAM Group tahun 2010-2014, Finance Director Kagum Group 2008-2010, Compliance and Risk Management Director PT. Bank Jasa Artha tahun 1999-2008.

Beliau meraih gelar Magister Manajemen dari Universitas Tarumanegara tahun 2003.

Kussuari, SE.,M.Ak.,Ak.,CA.,BKP.,ACPA
Anggota Bidang Promosi (Humas & Kerjasama Antar Lembaga)
Profil:

Diangkat menjadi Anggota Bidang Promosi (Humas & Kerjasama Antar Lembaga) Kompartemen Akuntan Kantor Jasa Akuntansi Ikatan Akuntan Indonesia (KAKJA IAI) berdasarkan KEP-12/SK/DPN/IAI/II/2019 tanggal 20 Februari 2019 tentang Penetapan Susunan Pengurus Kompartemen Akuntan Kantor Jasa Akuntan Ikatan Akuntan Indonesia Periode 2019-2021.

Saat ini beliau bekerja sebagai managing partner KJA PT. KNH Mitra Solusindo. Beliau adalah akuntan praktisi yang berkarir di dunia Accounting, Finance dan Perpajakan dalam waktu kurun lebih dari 15 tahun. Di awal karirnya, beliau berkarir di Kantor Akuntan Publik, kemudian di beberapa Perusahaan Swasta Nasional. Jabatan terakhir beliau adalah sebagai Finance and Accounting Manager yang merupakan kategori Holding Company.

Beliau meraih gelar Sarjana Ekonomi bidang Akuntansi dari STIE IBEK, Pendidikan Profesi Akuntansi dari Universitas Trisakti, Magister Akuntansi dari Universitas Trisakti. 

Sutan Manurung
Anggota Bidang Promosi (Humas & Kerjasama Antar Lembaga)
Profil:

Diangkat menjadi Anggota Bidang Promosi (Humas & Kerjasama Antar Lembaga) Kompartemen Akuntan Kantor Jasa Akuntansi Ikatan Akuntan Indonesia (KAKJA IAI) berdasarkan KEP-12/SK/DPN/IAI/II/2019 tanggal 20 Februari 2019 tentang Penetapan Susunan Pengurus Kompartemen Akuntan Kantor Jasa Akuntan Ikatan Akuntan Indonesia Periode 2019-2021.

Saat ini beliau adalah sebagai Managing Partner dari Group Perusahaan Eksakta Strategic Consulting dan Pimpinan KJA Eksakta Consulting yang ia dirikan.

Beliau memiliki pengalaman bisnis dan profesional selama 21 tahun dan merupakan penasehat beberapa grup usaha di Indonesia. Beliau juga pernah bekerja selama 14 tahun sebagai pegawai Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan Republik Indonesia.

Beliau telah menempuh pendidikan Akuntansi di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Magister Akuntansi Universitas Indonesia dan Business Administration Course di Edinburgh Business School.

Wikanto Artadi, CA
Anggota Bidang Promosi (Humas & Kerjasama Antar Lembaga)
Profil:

Diangkat menjadi Anggota Bidang Promosi (Humas & Kerjasama Antar Lembaga) Kompartemen Akuntan Kantor Jasa Akuntansi Ikatan Akuntan Indonesia (KAKJA IAI) berdasarkan KEP-12/SK/DPN/IAI/II/2019 tanggal 20 Februari 2019 tentang Penetapan Susunan Pengurus Kompartemen Akuntan Kantor Jasa Akuntan Ikatan Akuntan Indonesia Periode 2019-2021.

Saat ini beliau bekerja sebagai Presiden Direktur KJA PT. Akuntan Profesional Optima dari tahun 2016 dan menjabat sebagai komite audit di beberapa perusahaan go publik. Sebelumnya beliau pernah menjabat sebagai chief accountant di beberapa perusahaan multinasional, Audit Manager di KAP Kosasih, Nurdiyaman, Tjahjo & Rekan tahun 2014-2016, Audit Manager di KAP Tanubrata Sutanto Fahmi & Rekan tahun 2012-2014, Audit Assistant Manager di KAP Osman Bing Satrio & Partner tahun 2006-2012, Senior Auditor di KAP Kosasih & Nurdiyaman tahun 2004-2006 dan Senior Consultant di PT. Morres Rowland Indonesia tahun 2002-2004.

Beliau lahir di Salatiga, 02 agustus 1977. Beliau meraih gelar Sarjana pada tahun 2000 dari Universitas Trisakti dan Pendidikan Profesi Akuntansi Universitas Trisakti tahun 2008, dan sedang meneruskan magister akuntansi.

Bambang Arief Wibowo, CA
Anggota Bidang Inklusif (Pengembangan & Pengabdian Masyarakat)
Profil:

Diangkat menjadi Anggota Bidang Inklusif (Pengembangan & Pengabdian Masyarakat) Kompartemen Akuntan Kantor Jasa Akuntansi Ikatan Akuntan Indonesia (KAKJA IAI) berdasarkan KEP-12/SK/DPN/IAI/II/2019 tanggal 20 Februari 2019 tentang Penetapan Susunan Pengurus Kompartemen Akuntan Kantor Jasa Akuntan Ikatan Akuntan Indonesia Periode 2019-2021.

Saat ini beliau bekerja sebagai Partner di KJA Bambang Wibowo. Sebelumnya pada tahun 2014 Bambang bekerja sebagai Direktur PT. Maclay Expert Consulting, pada tahun 2004 sebagai Manager di KAP Syarief Basir & Rekan. Beliau antara lain memiliki pengalaman diantaranya Representative Consultant for Foreign Company from (Asia Pasific, Australia, Singapore, Japan),  Business Advisory Consultant for Merger & Acquisition company in Malaysia-Kuala lumpur, Team Audit for Work on behalf Bank Indonesia, Team audit International Fund dan beberapa penugasan lainnya.

Beliau lahir di Jakarta pada tanggal 01 Maret 1975. Beliau meraih gelar Sarjana Ekonomi Akuntansi pada tahun 1997. Beliau juga mendapatkan sertifikat auditor BPK dari BPK RI dan lainnya.

Bertha E. Napitupulu, SE.Ak, MAk.CA. CPACC
Anggota Bidang Inklusif (Pengembangan & Pengabdian Masyarakat)
Profil:

Diangkat menjadi Anggota Bidang Inklusif (Pengembangan & Pengabdian Masyarakat) Kompartemen Akuntan Kantor Jasa Akuntansi Ikatan Akuntan Indonesia (KAKJA IAI) berdasarkan KEP-12/SK/DPN/IAI/II/2019 tanggal 20 Februari 2019 tentang Penetapan Susunan Pengurus Kompartemen Akuntan Kantor Jasa Akuntan Ikatan Akuntan Indonesia Periode 2019-2021.

Saat ini beliau bekerja sebagai Pimpinan KJA Bertha & Tina Consulting. Bertha juga merupakan dosen di beberapa Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia. Sebelumnya beliau adalah Supervisor Auditor di KAP Ernst & Young, Sarwoko & Rekan pada tahun 2000-2002, dan Senior Auditor di KAP Arthur Andersen, Prasetio Utomo & Rekan.

Beliau lahir di medan, 27 januari 1970. Beliau mendapatkan gelar Sarjana Akuntansi Universitas Sumatera Utara pada tahun 1994 dan gelar Magister Akuntansi STIE YAI pada tahun 1994, selain itu, beliau juga  merupakan penulis buku atau modul sebagai bahan ajar untuk mata kuliah akuntansi dan auditing, mengadakan penelitian khusunya di bidang Ilmu Akuntansi dan Ekonomi serta mengikuti Calls of Papers di beberapa pengguruan tinggi.

Feybe Brigite Imbar, CA
Anggota Bidang Inklusif (Pengembangan & Pengabdian Masyarakat)
Profil:

Diangkat menjadi Anggota Bidang Inklusif (Pengembangan & Pengabdian Masyarakat) Kompartemen Akuntan Kantor Jasa Akuntansi Ikatan Akuntan Indonesia (KAKJA IAI) berdasarkan KEP-12/SK/DPN/IAI/II/2019 tanggal 20 Februari 2019 tentang Penetapan Susunan Pengurus Kompartemen Akuntan Kantor Jasa Akuntan Ikatan Akuntan Indonesia Periode 2019-2021.

Saat ini beliau bekerja sebagai Pimpinan pada KJA Brigite Executive Consultant sejak tahun 2004. Selain itu, saat ini beliau juga bekerja di beberapa perusahaan Oil & Gas seperti PT. Indo Cipta Gemilang sebagai Asisten Direktur Keuangan, PT. Gemilang Jabung Energy & PT. Cipta Niaga Gemilang sebagai Accounting Manager serta Pabrik Kertas PT. Lambang Barata sebagai Accounting Manager.

Beliau lahir di manado, 27 januari 1976. Beliau meraih gelar Sarjana Akuntansi Universitas Sam Ratulangi pada tahun 2000, dan Pendidikan Profesi Akuntansi Universitas Sam Ratulangi pada tahun yang sama.

Ikhwan Ashadi, SE., Ak., MM., M.Ak. CA., BKP
Anggota Bidang Inklusif (Pengembangan & Pengabdian Masyarakat)
Profil:

Diangkat menjadi Anggota Bidang Inklusif (Pengembangan & Pengabdian Masyarakat) Kompartemen Akuntan Kantor Jasa Akuntansi Ikatan Akuntan Indonesia (KAKJA IAI) berdasarkan KEP-12/SK/DPN/IAI/II/2019 tanggal 20 Februari 2019 tentang Penetapan Susunan Pengurus Kompartemen Akuntan Kantor Jasa Akuntan Ikatan Akuntan Indonesia Periode 2019-2021.

Saat ini beliau bekerja sebagai Direktur BMG Consulting Group, Direktur Mitra Pradana Consultindo (Customs Consultan), dan Managing Partner Kantor Jasa Akuntan Ashadi & Rekan. Sebelumnya Ia pernah menjabat sebagai General Manager at Sinar Berlian Indapura Group pada tahun 2008-20012, dan Senior Consultant at MUC Consulting Group pada tahun 2002-2007.

Beliau lahir di Jakarta 6 Juni 1982. Beliau  menyelesaikan Pendidikan di STAN pada tahun 2001, pada tahun 2005 beliau menyelesaikan Sarjana Akuntansi di Sekolah Ekonomi Dr.  Moechtar Thalib dan meraih gelar Magister Manajemen dari Indonesia Business School pada tahun 2008, Pendidikan Profesional Akuntansi Indonesia Business School tahun 2010 dan Magister Keuangan dari Institut Bisnis Indonesia Kwik Kian Gie tahun 2019.

© IKATAN AKUNTAN INDONESIA 2019