Dewan Standar Akuntansi Syariah
Ikatan Akuntan Indonesia


Dewan Standar Akuntansi Syariah yang selanjutnya disebut DSAS merupakan badan yang menjadi bagian organisasi, yang bertugas:

(1)

Melakukan perumusan, pengembangan dan pengesahan:

 

  • Kerangka Dasar Penyusunan dan Penyajian Laporan Keuangan;
  • Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan Syariah
  • Interpretasi Standar Akuntansi Keuangan Syariah
  • Pernyataan Pencabutan Standar Akuntansi Keuangan Syariah;
  • Buletin Teknis; dan
  • Produk lain yang terkait dengan Standar Akuntansi Keuangan Syariah

 

 

(2)

Menjawab pertanyaan dari pemerintah, otoritas, asosiasi dan lembaga luar negeri yang terkait dengan Standar Akuntansi Syariah dalam hal ini dipandang perlu berdasarkan pertimbangan DSAS.

 

 

DSAS dibentuk dan bertanggung jawab kepada DPN


Susunan Pengurus:


Prof. Mahfud Sholihin, M.Acc., Ak., CA.
Ketua DSAS
Profil:
Mahfud Sholihin, adalah Ketua DSAS IAI. Selain menjabat sebagai Ketua DSAS IAI, beliau juga menduduki jabatan sebagai Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Gadjah Mada. Sebelumnya beliau pernah menjabat sebagai Kepala Departemen Akuntansi UGM  (2012-2016), Kepala Bagian Penjaminan Mutu Pendidikan UGM (2010-2012). Beliau aktif dalam bidang penelitian terutama dalam Management and Behavioral Accounting, Tata kelola dan etika, Akuntasi Syariah, Akuntansi Pemerintahan. Beliau menyelesaian SI Akuntansi di Universitas Gadjah Mada  tahun 1998, memperoleh gelar Master of Accounting di Western Australia tahun 2003 serta menyelesaikan program doktor di University of Bradford Inggris tahun 2009.
Moch. Muchlasin
Wakil Ketua
Profil:

Moch. Muchlasin adalah Wakil ketua DSAS IAI. Selain mejabat sebagai Wakil ketua DSAS IAI beliau juga menduduki jabatan sebagai Direktur Industri Keuangan Non Bank Syariah, Otoritas Jasa Keuangan. Beliau mengawali karir di Direktorat Jenderal Lembaga Keuangan- Departemen Keuangan fungsi: analisis, pemeriksaan dan pengembangan (1994-2006) selanjutnya beliau melanjutkan karir di OJK pada fungsi perizinan, pengaturan dan pengawasan perbankan, lembaga keuangan non bank dan pasar modal (2013). Beliau menyelesaikan pendidikan di STAN  tahun 1994, S1 jurusan Akuntansi UI tahun 1998, memperoleh gelar Master of Commerece jurusan Management and Organisation Studies dari University of New South Wales tahun 2004.

Juni Supriyanto
Anggota
Profil:
Juni Suprianto adalah anggota DSAS. Beliau saat ini menjabat sebagai Direktur pada PT Agra Astama Korpora. Sebelumnya beliau menjabat Kepala Grup Keuangan dan Pelaporan pada PT Bank Panin Syariah (2013-2017). Beliau memiliki keahlian pada manajamen resiko, akuntansi, keuangan. Beliau merupakan pengurus DPP Kajian dan Riset (2015-2018) di Asosiasi Bank Syariah Indonesia. Beliau menyelesaikan pendidikan S1 di Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen dan Komputer tahun 2004, menyelesaikan Program Pasca Sarjana Universitas Indonesia dengan Program Studi Ketahanan Nasional di tahun 2009, serta mengikuti Pendidikan Profesi Akuntan Universitas Trisakti pada tahun 2017. 
Muhammad Gunawan Yasni
Anggota
Profil:

Muhammad Gunawan Yasni, adalah anggota DSAS IAI ex-officio DSN MUI. Beliau merupakan wakil Wakil Bendahara Badan Pelaksana Harian Masa Khidmat Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia serta menjadi Penasihat Syariah di pasar modal di Manulife Asset Management Indonesia (2015-2018), Kepala Dewan Pengawas Syariah di Asuransi Syariah Astra Buana (2013-2018), Anggota Dewan Syariah Nasional- Satuan Tugas OJK dalam menciptakan peraturan dan hukum untuk obligasi syariah korporasi dan pemerintah (sukuk) bersama dengan pasar modal syariah di Indonesia (2006-2018).

Beliau menyelesaikan S1 Akuntansi di Universitas Indonesia tahun 1993, memperoleh gelar Master of Business Administration dengan konsentrasi keuangan di Prasetya Mulya Graduate School of Management tahun 1995.

Suhendar
Anggota
Profil:

Suhendar adalah anggota DSAS IAI. Saat ini beliau menjabat sebagai Kepala Grup Akuntansi PT Bank Syariah Mandiri.  Beliau memiliki pengalaman perbankan syariah selama 17 tahun terutama dalam bidang akuntansi dan keuangan. Sebelumnya beliau berprofesi sebagai seorang auditor pada KAP Arthur Anderson dan Ernst & Young. Saat ini beliau juga aktif dalam Asosiasi Bank Syariah Indonesia dengan jabatan Ketua Asosiasi Profesi Akuntansi dan Pajak. Beliau menyelesaikan pendidikan S1 Akuntansi Universitas Indonesia tahun 2002,  Magister Ekonomi dan Keuangan Islam Universitas Indonesia tahun 2009. 

Yasir
Anggota
Profil:

Yasir adalah anggota DSAS. Saat ini beliau adalah Partner divisi Assurance and Advisory Business Services di KAP Purwantono, Suherman dan Surja untuk bidang jasa keuangan (perbankan dan capital market). Beliau memiliki bidang keahlian audit, AUP, IPO, Loan review, internal control review, non financial statement attest, financial due diligence. Beliau menyelesaikan pendidikan S1 Akuntansi Universitas Indonesia 

Mega Ramadhanty Chalid
Anggota
Profil:

Mega Ramadhanty Chalid adalah anggota DSAS ex-officio Bank Indonesia. Saat ini beliau menjabat sebagai Manager Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah Bank Indonesia (BI) sejak tahun 2016, dimana sebelumnya menjabat sebagai analis di Departemen Kebijakan Makroprudensial BI tahun 2014-2016, serta sebagai Junior Bank Supervisor BI tahun 2006-2012.

Beliau menyelesaikan S1 Akuntansi di Universitas Indonesia tahun 2003, dan memperoleh Master in Islamic Banking and Finance dari International Islamic University, Malaysia tahun 2004.


Jaenal Effendi
Anggota
Profil:

Jaenal Effendi adalah Anggota DSAS IAI ex officio DSN MUI. Saat ini beliau menjabat sebagai Badan Pelaksana Harian Bidang Perbankan dan IKNB DSN MUI. 

Selain itu beliau juga menjabat sebagai Rektor di Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Dakwah – Nahdlatul Ulama (STIDKI-NU) Indramayu. 

Beliau saat ini juga menjabat sebagai Dewan Pengawas Syariah di Industri Keuangan dan Asuransi Syariah, serta Komisaris Utama di Bogor Anggana Cendekia (Botani Square Mall).

 Beliau menyelesaikan pendidikan S1 di Institut Agama Islam Tribakti. Menyelesaikan pendidikan S2 Ekonomi Islam di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Menyelesaikan pendidikan S3 di Keuangan Islam Universitas of Georg August- Goettingen Germany


Mohammad Bagus Teguh Perwira
Anggota
Profil:
Mohammad B Teguh adalah Anggota DSAS IAI ex officio DSN MUI. Saat ini beliau menjabat sebagai Anggota Badan Pelaksana Harian DSN MUI. Selain itu beliau menjabat sebagai Ketua dan Anggota Dewan Pengawas Syariah (DPS) di Bank Syariah dan Manajer Investasi di Indonesia. Independent Financial Planner, Estate Planning Specialist dan Islamic Finance Specialist. 
Beliau menyelesaikan pendidikan S1 dari Universitas Al Azhar Kairo Mesir. Menyelesaikan pendidikan S2 Ekonomi Islam di Universitas Islam Negeri Jakarta (UIN) Jakarta

M. Dawud Arif Khan
Anggota
Profil:
M Dawud Arif Khan adalah anggota DSAS IAI ex-officio DSN MUI. Saat ini beliau menjabat sebagai Wakil Bendahara  Badan Pengurus Harian DSN MUI periode 2021-2025 serta  Bendahara pada Badan Pengurus Harian Lembaga Sertifikasi Profesi DSN MUI. Selain itu beliau menjabat sebagai Dewan Pengawas Syariah di beberapa perusahaan. 
Beliau menyelesaikan pendidikan DIII Akuntansi di STAN, S1 Manajemen Universitas Terbuka, Diploma IV Akuntansi STAN. Menyelesaikan S2 Akuntansi di Universitas Muhammadiyah Jakarta serta menyelesaikan pendidikan S3 di Bidang Ekonomi Islam Universitas Syarif Hidayatullah Jakarta

Muhammad Maksum
Anggota
Profil:

Muhammad Maksum adalah anggota DSAS IAI ex-officio DSN MUI. Saat ini beliau menjabat sebagai Sekertaris Badan Pengurus Harian DSN MUI Bidang Perbankan periode 2015- 2020. Selain itu beliau menjabat sebagai Ketua dan Anggota Dewan Pengawas di beberapa perusahaan. 

Beliau menyelesaikan pendidikan S1 di bidang  Syariah di IAIN Jakarta. Menyelesaikan pendidikan Magister Ekonomi Islam di UIN Jakarta dan menyelesaikan pendidikan S3 Ekonomi Islam di UIN Jakarta. 


Achmad Zaky
Anggota
Profil:

Achmad Zaky, adalah anggota DSAS. Saat ini beliau aktif sebagai Dosen Tetap Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya dengan subjek akuntansi biaya, akuntansi manajemen, analisa laporan keuangan, manajemen stratejik, akuntansi dan keuangan syariah. Selain itu beliau saat ini juga menjabat sebagai Ketua & Trainer Islamic Finance and Accounting Studies (IFAS) di Universitas Brawijaya. Sebelumnya beliau menjabat sebagai Sekretaris Satuan Pengawasan Internal di Universitas Brawijaya. Saat ini beliau sedang menempuh Program Doktor Ilmu Akuntansi di Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada, menyelesaikan pendidikan S2 Akuntansi di Universitas Brawijaya, menyelesaikan pendidikan S1 Akuntansi di Universitas Brawijaya. 

Fachmy Achmad
Anggota
Profil:

Fachmi Achmad, adalah anggota DSAS. Saat ini beliau menjabat sebagai Head of Finance and Investor Relations di PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Syariah Tbk. Sebelumnya beliau menjabat Senior Manajer di Kantor Akuntan Publik Tanudiredja, Wibisana & Rekan (PwC Indonesia). Beliau menyelesaikan pendidikan S1 Akuntansi di Universitas Padjajaran.

Dyah Mustika
Anggota
Profil:

Dyah Mustika adalah Anggota DSAS ex officio Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Saat ini beliau menjabat sebagai Kepala Bagian Pengembagan Lembaga Penunjang dan Profesi Pasar Modal Syariah OJK. Sebelumnya beliau menjabat sebagai Kepala Sub Bagian di Direktorat Pengelolaan Investasi OJK. 

Beliau menyelesaikan pendidikan di STAN Jurusan Akuntansi. Menyelesaikan pendidikan S2 Akuntansi di Univesitas Indonesia. 


Gunawan Setyo Utomo
Anggota
Profil:


© IKATAN AKUNTAN INDONESIA 2021