Dewan Sertifikasi Akuntan Profesional
Ikatan Akuntan Indonesia


Dewan Sertifikasi Akuntan Profesional yang selanjutnya disebut DSAP merupakan dewan yang mengusulkan kebijakan, standar kompetensi dan menjamin kualifikasi profesi Anggota Utama melalui aktivitas pendidikan profesi akuntansi atau ujian sertifikasi akuntan profesional serta penilaian pengalaman praktik keprofesian akuntansi calon Anggota Utama.

DSAP IAI wajib berkoordinasi dan menerima arahan dari DPN IAI bidang Penataan Profesionalisme Akuntan.

DSAP IAI memiliki kewenangan sebagai berikut: Mengusulkan standar kompetensi serta kualifikasi profesi Anggota Utama IAI pemegang Chartered Accountant Indonesia untuk ditetapkan oleh DPN IAI;

  1. Merumuskan dan mengembangkan standar pengendalian mutu pelaksanaan ujian sertifikasi akuntan profesional untuk ditetapkan oleh DPN IAI;
  2. Menetapkan kebijakan pelaksanaan ujian sertifikasi akuntan profesional;
  3. Mengusulkan mata ujian dan silabus sertifikasi akuntan profesional untuk ditetapkan oleh DPN IAI;
  4. Menetapkan  materi ujian dan standar kelulusan ujian sertifikasi akuntan profesional;
  5. Memberikan pengarahan kepada pelaksana ujan sertifikasi akuntan profesional;
  6. Hal-hal lain yang berhubungan dengan azas terjaganya mutu, kehati-hatian dan pengamanan ujian sertifikasi akuntan profesional;
  7. Menyusun standar penilaian pengalaman praktik keprofesian di bidang akuntansi calon Anggota Utama untuk ditetapkan oleh DPN IAI;
  8. Menilai pengalaman praktik keprofesian akuntansi calon Anggota Utama;
  9. Memberikan rekomendasi kepada DPN untuk menerima/menolak permohonan menjadi Anggota Utama; 
  10. Memperluas kerjasama dengan pihak terkait untuk pengembangan ujian sertifikasi akuntan profesional yang diselenggarakan oleh IAI;
  11. Menetapkan persyaratan, tata cara dan kurikulum penyelenggaraan Pendidikan Profesi Akuntan;
  12. Melaksanakan evaluasi dan memberikan rekomendasi ijin penyelenggaraan Pendidikan Profesi Akuntan; dan
  13. Menyampaikan evaluasi dan rekomendasi ijin penyelenggaraan Pendidikan Profesi Akuntan kepada Panitia Ahli Pertimbangan Persamaan Ijazah Akuntan.


Susunan Pengurus:


Setio Anggoro Dewo
Ketua
Profil:

Setio Anggoro Dewo adalah Direktur dan Chief Financial Officer PT Trakindo Utama sejak 2015 hingga saat ini. Selain itu, beliau juga mengajar pada fakultas ekonomi di Univeristas Indonesia sejak tahun 1990-sekarang. Beliau juga pernah menjabat sebagai Direktur Keuangan PT PLN (Persero) sejak Maret 2008-2014, Komisaris Independen PT Bakrie & Brothers pada tahun 2005-2008 dan Komisaris Independen PT Indonesia Power dan PT Indosat Tbk  pada tahun 2007-2008.

Beliau memperoleh gelar S1 (Sarjana) dari Universitas Indonesia pada tahun 1986, gelar S2 (MBA) jurusan Bisnis Keuangan dan Ekonomi Bisnis dari Catholic University of Leuven pada tahun 1990, gelar S3 (PhD) di bidang Ekonomi Industri dari University of Melbourne pada tahun 2003.


Abdul Ghofar, DBA., Ak., CPMA., CA.
Anggota
Profil:

Abdul Ghofar adalah Wadek I Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Brawijaya dan dosen Departemen Akuntansi FEB Universitas Brawijaya.

Sebagai seorang akademisi, Abdul Ghofar aktif menerbitkan publikasi dan jurnal terkait ilmu akuntansi, corporate governance, risk management, dan lainnya. Sebelum menjadi anggota DSAP IAI, Abdul Ghofar merupakan anggota dari Dewan Standar Akuntansi Syariah (DSAS) IAI, beliau juga pernah menjabat sebagai pengurus IAI KAPd.   

Beliau memperoleh gelar S1 Akuntansi dari Universitas Brawijaya, sedangkan gelar S2 Akuntansi diperoleh dari Universitas Gajah Mada dan University of Melbourne. Abdul Ghofar juga telah menamatkan S3 dibidang akutansi di Victoria University.



Agung Nugroho Soedibyo, S.E., M.Ak.
Anggota
Profil:

Agung Nugroho Soedibyo aktif mengajar pada Departemen Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia. 

Selama 20 tahun, sampai dengan Juni 2017 sebagai Senior Partner di KPMG Indonesia. Menjadi Senior Partner di RSM Indonesia Agustus 2017 sampai dengan 31 Maret 2020.

Sejak tahun 1981 aktif di IAI, di berbagai bidang terutama di standar profesi, dan saat ini sebagai anggota DSAP.

Aktif mengembangkan profesi akuntan Indonesia dalam tingkat regional, Agung secara intensif terlibat dalam proses Mutual Recognition Agreement (MRA) ASEAN bidang Akuntansi, ia juga merupakan anggota AMCI (Accountancy Monitoring Committe Indonesia). 

Beliau memperoleh gelar sarjana dan gelar Master dari Universitas Indonesia.

Aminah
Anggota
Profil:

Aminah adalah Kepala Subbidang Perizinan Profesi Akuntansi di Kementerian Keuangan, Sekretariat Jenderal Pusat Pembinaan Profesi Keuangan (PPPK) sejak 2016 - sekarang. Selain itu beliau juga anggota Sekretariat Banding Komite Profesi Akuntan Publik (KPAP).

Sebelum menjabat sebagai Kepala Subbidang Perizinan Profesi Akuntansi, beliau adalah Kepala Subbagian Keuangan, PPPK (2015-2016).

Beliau adalah lulusan Diploma IV Akuntansi, Sekolah Tinggi Akuntan Negara pada tahun 2002.


Christine Tjen
Anggota
Profil:

Christine Tjen merupakan dosen di Departemen Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia. Sejak tanggal 5 Januari 2015, beliau ditunjuk sebagai Wakil Kepala Bidang Administrasi dan Keuangan LPEM FEBUI. Selain itu, beliau juga aktif di IAI Kompartemen Pajak sebagai Tim Ahli Bidang Kerjasama dan Kemitraan.

Beliau memperoleh gelar S1 (Sarjana) dari Universitas Indonesia tahun 2000, gelar S2 (Master of International Taxation) dari University of Sydney pada tahun 2006.

Erna Herawati
Anggota
Profil:

Beliau adalah Rektor UPN Veteran Jakarta sejak tahun 2018, selain itu beliau juga merupakan anggota Komite Audit Pertamina sejak tahun 2011. 

Beliau memperoleh gelar sarjana pada tahun 1985 dari Universitas Padjadjaran, gelar S2 (Magister Manajemen) dari IPWI pada tahun 1995, dan gelar S3 Ilmu Akuntansi dari Universitas Airlangga pada tahun 2007.

Irwan Djaja
Anggota
Profil:

Irwan Djaja adalah CEO dan Partner KPMG Siddharta Advisory. Beliau memiliki lebih dari 25 tahun pengalaman dalam bidang konsultasi bisnis dan peran industri. 

Sebelum bergabung dengan KPMG, Irwan Djaja adalah CEO Lippo Technology Media and Telecommunication Group, ia juga pernah menjabat sebagai Komisaris Utama PT Ciptadana Capital, sebuah perusahaan jasa keuangan terintegrasi.

Beliau memperoleh gelar sarjana dari Universitas Trisakti, gelar S2 dari University of Melbourne Autrsalia, serta gelar S3 dari Universitas Bina Nusantara dan Universitas Pelita Harapan.



Lianny Leo
Anggota
Profil:

Lianny Leo merupakan audit partner di KAP Darmawan Hendang dan Kaslim, sekaligus staf pengajar di Magister Akuntansi FEUI. 

Sebelum menjadi anggota DSAP beliau merupakan anggota Tim Implementasi IFRS IAI periode 2009-2013 dan Dewan Standar Akuntansi Keuangan IAI periode 2013-2017.

Lianny berpengalaman sebagai audit supervisor di Deloitte US, San Fransisco dan audit partner di Deloitte Indonesia.

Beliau memperoleh gelar S1, S2, dan S3 dari Universitas Indonesia pada tahun 1992, 2003, dan 2011.


Novrys Suhardianto
Anggota
Profil:

Novrys Suhardianto adalah dosen di Departemen Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga, selain itu beliau adalah koordinator pusat Studi Akuntansi Keuangan dan Pelaporan Korporat di FEB Unair.

Sebelum menjadi anggota Dewan Sertifikasi Akuntan Profesional IAI, beliau merupakan Tim Implementasi Standar Akuntansi Keuangan IAI periode 2013-2016.

Beliau memperoleh gelar sarjana dari Universitas Airlangga, gelar S2 (MSA) dari Universitas Brawijaya, serta gelar S3 (Ph.D) dari University of Hong Kong


Dr. Nurofik, M.Si., Ak., CA., CMA
Anggota
Profil:

Nurofik merupakan dosen tetap Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Yayasan Keluarga Pahlawan Negara Yogyakarta (STIE YKPN Yogyakarta), selain itu Beliau juga merupakan Wakil Ketua II  Bidang Keuangan dan SDM di STIE YKPN Yogyakarta. Seblumnya Beliau pernah menjabat sebagai Bendahara Umum Kompartemen Akuntan Pendidik IAI (1999-2001)

Beliau memperoleh gelar sarjana pada tahun 1988 dari STIE YKPN Yogyakarta, gelar S2 dan S3 Akuntansi dari Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada.


Syaiful Ali, MIS., Ph.D., CA.
Anggota
Profil:

Syaiful Ali adalah Direktur Keuangan Universitas Gadjah Mada. Beliau juga merupakan dosen tetap Departemen Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gajah Mada.

Syaiful memperoleh gelar S1 Ekonomi Akuntansi dari Universitas Gajah Mada, dan S2 dibidang Sistem Informasi dan memperoleh gelar PhD. dibidang Sistem Informasi Akuntansi di UQ Business School Australia.

Syaiful Ali memiliki berbagai penghargaan dibidang akademik seperti World Class Professor Research Grant dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi pada tahun 2019, dan juga International Scientific Publication Award (PPII) dari LPDP.

Selain aktif mengajar, Syaiful Ali juga aktif sebagai pengurus IAI Kapd yang membidangi publikasi penelitian. Beliau di tahun 2019 menerbitkan buku yang membahas dampak Revolusi industri 4.0 terhadap pendidikan akuntansi di Indonesia.

Syaiful Rahman Soenaria, MIS., Ph.D
Anggota
Profil:

Syaiful Rahman adalah dosen tetap di Departemen Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjajaran, beliau juga merupakan Ketua Pusat Studi Ekonomi & Bisnis Islam FEB Unpad sejak tahun 2018. Selain aktif mengajar dan menulis, Syaiful juga memiliki pengalaman sebagai konsultan, desainer dan analis di beberapa BUMN seperti PT. Pos, PT. Telkom, PT. Pertamina, PT. Pupuk Kujang, PT. Pusri, BUMN Sektor Konstruksi, PT. Bio Farma dalam berbagai isu terkait Akuntansi Manajemen dan Manajemen Stratejik

Saat ini Syaiful merupakan kandidat Doktor Akuntansi Manajemen, Technische Universitaet Muenchen (TUM), Jerman. Beliau memperoleh gelar sarjana dari Universitas Padjajaran, gelar S2 di Institut Teknologi Bandung.



Vita Silvira
Anggota
Profil:

Vita Silvira adalah Wakil Rektor II Universitas Indonesia. Beliau juga mengajar pada Departemen Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia. Beliau merupakan Komisaris Independen Daya Dimensi Indonesia sejak tahun 2007, dan Komite Audit Bank Agro sejak tahun 2010.

Sebelum menjadi anggota Dewan Sertifikasi Akuntan Profesional IAI, beliau menjabat sebagai anggota Komite Evaluasi dan Rekomendasi PPA (KERPPA) IAI.

Beliau memperoleh gelar Sarjana pada tahun 1987 dari Universitas Indonesia, dan gelar Master pada tahun 1993 dari Drexel University Philadelphia, USA.


© IKATAN AKUNTAN INDONESIA 2021