Dewan Standar Akuntansi Keuangan
Ikatan Akuntan Indonesia


Dewan Standar Akuntansi Keuangan yang selanjutnya disebut DSAK merupakan yang menjadi bagian organisasi IAI, yang bertugas:

(1)

Melakukan perumusan, pengembangan dan pengesahan:

 

  • Kerangka Dasar Penyusunan dan Penyajian Laporan Keuangan;
  • Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (SAK).
  • Interpretasi SAK
  • Pernyataan Pencabutan SAK;
  • Buletin Teknis; dan
  • Produk lain yang terkait dengan SAK

 

 

(2)

Menjawab pertanyaan dari pemerintah, otoritas, asosiasi dan lembaga luar negeri yang terkait dengan SAK dalam hal ini dipandang perlu berdasarkan pertimbangan DSAK.

 

 

DSAK dibentuk dan bertanggung jawab kepada DPN



Susunan Pengurus:


Djohan Pinnarwan
Ketua
Profil:

Djohan Pinnarwan adalah Ketua Dewan Standar Akuntansi Keuangan IAI (DSAK IAI) untuk periode 2015–2018 kemudian diangkat kedua kalinya untuk periode 2018-2021. Beliau pernah menjabat sebagai Ketua Dewan Standar Professional Akuntan Publik (DSPAP IAPI). 

Djohan Pinnarwan adalah partner di KAP Tanudireja, Wibisana, Rintis dan Rekan, PwC Indonesia dengan tanggung jawab sebagai Global Accounting Consulting Services Partner dan Leader of Indonesia Accounting Consulting Services. Dengan pengalaman lebih dari 20 tahun di bidang audit dan konsultasi pelaporan keuangan, Djohan Pinnarwan saat ini juga aktif dalam memberikan jasa accounting advisory. Djohan Pinnarwan pernah ditugaskan selama 2,5 tahun di PwC London sebagai konsultan IFRS di Global Accounting Consulting Services Group.


Severinus Indra Wijaya
Wakil Ketua DSAK IAI
Profil:

Indra Wijaya adalah Wakil Ketua Dewan Standar Akuntansi Keuangan IAI (DSAK IAI) untuk periode 2020–2021. Saat ini, Indra Wijaya merupakan Audit Partner di KAP Siddharta Widjaja & Rekan, KPMG Indonesia. Indra Wijaya memiliki pengalaman lebih dari 15 tahun dalam jasa audit dan asurans serta jasa konversi ke IFRS. Indra Wijaya memperoleh gelar S1 dari Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Ersa Tri Wahyuni
Anggota DSAK IAI
Profil:

Ersa Tri Wahyuni diangkat sebagai anggota DSAK IAI sejak tahun 2015. Ersa merupakan dosen akuntansi dan Manajer Riset Kerjasama, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjadjaran. Sebelumnya beliau menjabat sebagai Direktur Divisi Teknis IAI (2009-2011), Technical Advisor IAI (2011-2015), dan IFRS Technical Writer di Wiley.IFRS.Com (2013-2015).

Ersa memperoleh gelar Ph.D in Accounting dari Manchester Business School, University of Manchester pada tahun 2015 dan Master of Accounting dari University of Melbourne, Australia pada tahun 2003. Ersa menamatkan Program Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk) dari Universitas Trisakti serta mendapatkan gelar sarjana manajemen keuangan dan sarjana akuntansi dari Universitas Trilogi (d/h STEKPI). 

Ersa aktif sebagai penulis buku dan artikel di berbagai media masa seperti majalah Akuntan Indonesia. Beliau juga aktif sebagai dosen tamu di berbagai universitas dalam dan luar negeri, trainer IFRS dan konsultan pada berbagai Perusahaan.


Elvia R. Shauki
Anggota DSAK IAI
Profil:

Elvia R. Shauki diangkat sebagai anggota DSAK IAI untuk periode 2018-2022. Elvia merupakan dosen akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia. Saat ini, Elvia juga menjabat sebagai dosen di University South of Australia, dan merupakan dosen tamu di program pasca sarjana akuntansi di Universitas Airlangga. Selain itu, Elvia juga aktif melakukan penelitian.

Sebelumnya Elvia menjabat sebagai program and policy division head di Bank Duta (April 1985 – Agustus 1988), chief representative di Fortis Bank (Maret 1993 – September 2001), dosen akuntansi di La Trobe University (Januari 2001 – Februari 2005), serta beberapa pengalaman kerja lain.

Elvia memperoleh gelar Ph.D dari La Trobe University, Melbourne Australia pada tahun 2007 dan MBA Degree dari Catholic University, Leuven, Belgium pada tahun 1991. Elvia mendapatkan gelar sarjana akuntansi dari Universitas Indonesia pada tahun 1984.

Supriyono
Anggota DSAK IAI
Profil:

Supriyono merupakan anggota Dewan Standar Akuntansi Keuangan (DSAK) IAI ex officio Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sejak tahun 2018. Beliau saat ini menjabat sebagai Direktur Pengawasan Asuransi dan BPJS Kesehatan OJK. Sebelumnya Beliau merupakan Direktur Pengawasan Lembaga Keuangan Khusus OJK di tahun 2019 dan Deputi Direktur Pengawasan Jasa Penunjang IKNB OJK di tahun 2018.

Supriyono memperoleh gelar S2 pada Kajian Ekonomi Islam dari Program Pasca Sarjana, Program Studi Kajian Wilayah Timur Tengah dan Islam, Universitas Indonesia. Gelar S1 Akuntansi diperoleh dari Fakultas Ekonomi, Universitas Satya Negara Indonesia, Jakarta, setelah sebelumnya menamatkan pendidikan Diploma III pada Sekolah Tinggi Akuntansi Negara.


Hendradi Setiawan
Anggota DSAK IAI
Profil:

Hendradi Setiawan menjabat sebagai anggota Dewan Standar Akuntansi Keuangan Ikatan Akuntan Indonesia sejak Oktober 2019. Beliau saat ini menjabat sebagai Vice President di Divisi Akuntansi Manajemen & Keuangan dan Ketua Tim Implementasi PSAK 71 di PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk.  Pengalaman beliau selama 20 tahun di PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk. meliputi bidang akuntansi, manajemen keuangan, operasional perbankan, analisis kredit, dan sumber daya manusia.

Beliau meraih gelar Sarjana Ekonomi Akuntansi dari Universitas Padjadjaran, Bandung, Indonesia pada tahun 1998 dan Master of Business Administration dengan konsentrasi International Business dan Finance dari Thunderbird School of Global Management, Glendale, AZ, USA pada tahun 2009.  Beliau juga memperoleh gelar Certified Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (“CPSAK”) pada tahun 2014 dan Chartered Accountant (“CA”) pada tahun 2014, keduanya dari Ikatan Akuntan Indonesia, serta gelar Professional Financial Modeler (“PFM”) pada tahun 2019 dari Professional Financial Modeler Indonesia. 


Devi Sulistyo Kalanjati
Anggota DSAK IAI
Profil:

Devi Sulistyo Kalanjati adalah Anggota Dewan Standar Akuntansi Keuangan IAI periode 2019-2023. Devi saat ini adalah Dosen akuntansi keuangan dan auditing di Departemen Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Airlangga. Sebelumnya, Devi bekerja sebagai auditor di KAP Deloitte. Menyelesaikan Pendidikan Sarjana Akuntansinya di Universitas Airlangga (1996), Master pertama di bidang Akuntansi (MAcc) di University of Melbourne, Australia (2003) dan Master kedua di bidang Akuntansi dan Pengendalian (MAAC) di The Hague University (Haagse Hoogeschool), Netherlands (2009). Di tahun 2019, Devi menyelesaikan  Doktor Akuntansi di Universitas Airlangga dengan disertasi yg terbit di Asian Review of Accounting yang berjudul Auditor Rotations and Audit Quality: A Perspective from Cumulative Number of Audit Partner and Audit Firm Rotations.


Alexander Adrianto Tjahyadi
Anggota DSAK IAI
Profil:

Alexander Adrianto Tjahyadi adalah Anggota Dewan Standar Akuntansi Keuangan IAI periode 2020-2024. Lebih dari 25 tahun pengalaman di bidang akuntansi, perpajakan, audit dan konsultasi di dua Kantor Akuntan Publik Big 4 Indonesia, yaitu di KPMG Indonesia sebagai Junior Auditor di tahun 1994-2004 dan mencapai jabatan Partner di tahun 2005-2018. Menduduki jabatan Manager Ernst & Young Indonesia di tahun 2004-2005. Saat ini beliau adalah Partner di Grant Thornton International Indonesia sejak tahun 2018.

Meraih gelar sarjana dari jurusan Akuntansi Universitas Tarumanegara Jakarta pada tahun 1994, kemudian mengambil program Pendidikan profesi Akuntansi Universitas Indonesia tahun 2008.

Dede Rusli
Anggota DSAK IAI
Profil:

Dede Rusli adalah anggota DSAK IAI. Saat ini beliau menjabat sebagai Rekan di Divisi Asurans pada KAP Purwantono, Sungkoro & Surja (EY Indonesia) yang menyediakan jasa audit keuangan, aktivitas pasar modal, dan atestasi lain, dengan fokus dalam industri agribisnis, sumber daya alam, manufaktur dan Private Funds. Beliau merupakan anggota dari EY Asia Pasific IFRS desk untuk topik aset biologis, kombinasi bisnis, dan pengukuran nilai wajar. Beliau menyelesaikan pendidikan S1 Akuntansi di Fakultas Enonomi Universitas Indonesia.

Endro Wahyono
Anggota DSAK IAI
Profil:

Endro Wahyono adalah Anggota Dewan Standar Akuntansi Keuangan IAI periode 2020-2024. Saat ini beliau menjabat sebagai Chief Corporate Finance and Accounting, PT Astra International Tbk sejak tahun 2017, dimana sebelumnya menduduki jabatan sebagai General Manager di tahun 2012-2017, dan sebagai Manager di tahun 2005-2012. Selain itu, beliau aktif sebagai komisaris di PT Traktor Nusantara dan PT Swadaya Harapan Nusantara, serta Komite Audit PT Astra Honda Motor.

Meraih gelar sarjana ekonomi jurusan Akuntansi dari Universitas Indonesia pada tahun 1997.

Irwan Lawardy Lau
Anggota DSAK IAI
Profil:

Irwan Lawardy Lau adalah Anggota Dewan Standar Akuntansi Keuangan IAI periode 2020-2024. Beliau adalah Partner di PwC Indonesia yang memiliki lebih dari 14 tahun pengalaman memberikan jasa asurans dan non-asurans sejak tahun 2011. Sebelum bergabung dengan PwC Indonesia, Irwan memiliki pengalaman kerja profesional di Kanada tahun 2006-2011 dan Australia tahun 2013 bersama PwC setempat. 

Meraih gelar Bachelor of Business Administration dari Trinity Western University Kanada tahun 2006.


BAHRUDIN
Anggota DSAK IAI
Profil:

Bahrudin adalah Anggota Dewan Standar Akuntansi Keuangan (DSAK) IAI ex officio Otoritas Jasa Keuangan (OJK) periode 2020-2024. Beliau saat ini menjabat sebagai Deputi Direktur Departemen Penelitian dan Pengaturan Perbankan – Otoritas Jasa Keuangan 

Bahrudin meraih gelar Master of Economics and Commerce dari University of Wollongong, New South Wales, Australia pada tahun 2004. Gelar S1 Akuntansi diperoleh dari Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia pada tahun 1995.


BAMBANG EKO BUDI PRASETYO
Anggota DSAK IAI
Profil:

Bambang Eko Budi Prasetyo adalah Anggota Dewan Standar Akuntansi Keuangan (DSAK) IAI ex officio Otoritas Jasa Keuangan (OJK) periode 2020-2024. Beliau saat ini menjabat sebagai Kepala Bagian Standar Akuntansi – Otoritas Jasa Keuangan

Bambang Eko Budi Prasetyo meraih gelar Master of Financial Management dari University of Queensland pada tahun 2005. Gelar S1 Akuntansi diperoleh dari STIE YKPN pada tahun 1994.

Elisabeth Imelda, CA,
Anggota DSAK IAI
Profil:

Elisabeth merupakan Managing Partner KAP Imelda & Rekan – Deloitte Indonesia. Sebagai Indonesia Audit & Assurance leader, Imelda memiliki lebih dari 30 tahun pengalman sebagai auditor di berbagai jenis perusahaan swasta asing dan dalam negeri. Spesialisasi industrinya meliputi jasa indusstri keuangan (perbankan, asuransi dan lainnya), telekomunikasi, manufaktur, jasa dan perdagangan.

Imelda meraih gelar S1 Akuntansi dan S2 Magister Akuntansi dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia. 


Zuni Barokah, Ph.D, CA,
Anggota DSAK IAI
Profil:

Zuni merupakan dosen Universitas Gadjah Mada. Saat ini Zuni menjabat sebagai Ketua Program Studi Magister Sains Akuntansi Fakultas Ekonomi Bisnis, Universitas Gadjah Mada. Beliau berkiprah di dunia Akuntansi pendidik sejak tahun 2000 dan aktif dalam menulis reseach dan jurnal mengenai akuntansi. 

Zuni meraih gelar Sarjana Ekonomi dari Faculty of Economics, Universitas Gadjah Mada. Sedangkan gelar S2 Master of Commerce (Advanced Accounting) dari University of New South Wales, Australia. Zuni berhasil meraih Doctor of Philosophy, dari Queensland University of Technology, Australia.


© IKATAN AKUNTAN INDONESIA 2021