ISAK 13 Lindung Nilai Investasi Neto dalam Kegiatan Usaha Luar Negeri.

Tgl. Posting 02 Juni 2016

PENGANTAR

Dengan diadopsinya IAS 21 The Effects Of Changes In Foreign Exchange Rates dan IAS 39 Financial Instruments: Recognition and Measurement menjadi PSAK 10 tentang Pengaruh Perubahan Kurs Valuta Asing dan PSAK 55 tentang Instrumen Keuangan: Pengakuan dan Pengukuran maka IFRIC dan SIC terkait perlu untuk diadopsi untuk melengkapi adopsi IAS 21 dan IAS 39.

Untuk itu, Dewan Standar Akuntansi Keuangan memandang perlu untuk mengadopsi IFRIC 16 Hedges of a Net Investment in a Foreign Operation menjadi ISAK 13 tentang Lindung Nilai Investasi Neto dalam Kegiatan Usaha Luar Negeri.


PENGANTAR PENYESUAIAN

Dewan Standar Akuntansi Keuangan telah mengesahkan penyesuaian atas ISAK 13 tentang Lindung Nilai Investasi Neto dalam Kegiatan Usaha Luar Negeri pada tanggal 27 Agustus 2014.


INTERPRETASI STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN 13

LINDUNG NILAI INVESTASI NETO DALAM KEGIATAN USAHA LUAR NEGERI

Interpretasi ini memberikan panduan dalam mengidentifikasi risiko mata uang asing yang memenuhi kualifikasi sebagai risiko yang dilindung nilai dalam lindung nilai investasi neto dalam kegiatan usaha luar negeri. Interpretasi ini diterapkan untuk entitas yang melakukan lindung nilai atas risiko mata uang asing yang timbul dari investasi netonya dalam kegiatan usaha luar negeri dan berkeinginan dapat memenuhi persyaratan akuntansi lindung nilai sesuai dengan PSAK 55: Instrumen Keuangan: Pengakuan dan Pengukuran.

Permasalahan yang disampaikan dalam Intepretasi ini adalah sebagai berikut:

(a) Sifat risiko yang dilindung nilai dan jumlah item yang dilindung nilai untuk hubungan lindung nilai yang ditetapkan;

(b) Dimana dalam suatu kelompok usaha instumen lindung nilai dapat dilaksanakan;

(c) Berapa jumlah yang direklasifikasi dari ekuitas ke laba rugi sebagai penyesuaian reklasifikasi

dalam pelepasan kegiatan usaha luar negeri.

Entitas menerapkan Interpretasi ini untuk periode tahun buku yang dimulai pada atau setelah tanggal 1 Januari 2012. Penerapan dini diperkenankan. Jika entitas menerapkan Interpretasi ini untuk periode yang dimulai sebelum tanggal 1 Januari 2012, maka fakta tersebut diungkapkan.


Lihat PSAK

* Bagi anggota IAI yang ingin membaca ISAK ini silahkan login ke http://iaiglobal.sharepoint.com
** Untuk Non Anggota silahkan membeli ISAK langsung ke IAI atau secara online dengan mengakses http://e-commerce.iaiglobal.or.id