Menu  

UJIAN SERTIFIKASI AHLI AKUNTANSI PEMERINTAHAN


Untuk menjawab kebutuhan SDM di pemerintahan yang berkompeten, IAI telah merancang standar kompetensi teknis yang akan menjadi instrumen pengukuran kompetensi pengelola keuangan negara dalam rangka pemetaan SDM pengelolaan keuangan negara. Sertifikasi Ahli Akuntansi Pemerintahan (AAP) dimaksudkan sebagai alat ukur untuk menilai kemampuan/kompetensi peserta dalam menyusun LK Pemerintah, menyusun kebijakan akuntansi keuangan pemerintah, menyusun Laporan Keuangan Prospektif (Anggaran) Pemerintahan.   


TATA CARA PENDAFTARAN US-AAP

Mulai tahun 2020 semua Ujian Sertifikasi Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) termasuk Ujian US AAP (Ujian Sertifikasi Akuntansi Ahli Pemerintah) Indonesia melalui Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang pelaksanaan ujian berpusat di Grha Akuntan, Jl. Sindanglaya No. 1 Menteng, Jakarta Pusat.
Pelaksanaan UTBK US AAP Tahun 2021 disesuaikan dengan kebijakan Pemprov DKI Jakarta terkait protokol kesehatan Covid-19.
Pelaksanaan UTBK US AAP mengikuti protokol Kesehatan C-19 dengan WAJIB melampirkan Surat Swab Antigen / Swab PCR  dengan hasil Non Reaktif.
Pendaftaran UTBK US AAP melalui portal http://iailounge.iaiglobal.or.id/ dengan menggunakan status aktif sebagai Anggota Madya IAI. Login menggunakan akun @akuntanindonesia atau email IAI pada portal tersebut, dengan link panduan pendaftaran dan pelaksanaan ujian sebagai berikut:
  
  1. Link Panduan Registrasi UTBK
  2. Link Panduan Pelaksanan UTBK  

Dokumen softcopy yang harus disiapkan adalah sebagai berikut:
  1. Ijazah SMA sederajat (untuk US AAP A) dan ijazah Diploma-IV/Strata-I/Strata-II segala jurusan (Untuk US AAP B dan C)
  2. Pas foto formal berwarna berlatar belakang putih
  3. KTP/SIM/Passport
  4. Bank Mandiri KCP Jakarta Cik Ditiro No. Rekening 122.000.431.206.5 atau Bank BCA KCP Jakarta Thamrin Nine No. Rekening 539.539.1957. Bukti bayar wajib di email ke sertifikasi@iaiglobal.or.id

Peserta memperoleh buku modul peserta US AAP secara langsung di kantor IAI dengan melampirkan bukti bayar pendaftaran.

BIAYA US-AAP

Biaya ujian bagi peserta US-AAP adalah sebesar Rp. 3.000.000 (tiga juta rupiah) termasuk buku pedoman peserta US-AAP.


TUJUAN US-AAP

Menjadi alat ukur untuk menilai kemampuan/kompetensi peserta dalam menyusun LK Pemerintah (LK Historis), menyusun kebijakan akuntansi keuangan pemerintahan, menyusun Laporan keuangan Prospektif (Anggaran) Pemerintahan. Hasil pengukuran ini dapat menjadi alat bagi pemerintah untuk:

  1. Memetakan kompetensi teknis SDM pengelola keuangan sehingga pemenuhan kebutuhan SDM pengelola keuangan pemerintah dimulai dengan mengoptimalkan SDM yang ada saat ini.
  2. Mengambil kebijakan terkait penempatan pegawai yang memiliki kompetensi sesuai dengan bidang tugasnya


PELAKSANAAN US-AAP

Sertifikasi akan dilaksanakan dalam bentuk ujian. Ada dua bentuk soal yang akan diujikan, yaitu:

  1. Ujian Pilihan Ganda, sebanyak 100 soal dengan sifat Close Book;
  2. Ujian Essay, Sebanyak 10 soal dengan sifat Open Book
  3. Ujian Studi Kasus sebanyak dua soal dengan sifat Open Book;


Silabus US-AAP

Silabus ini tidak menentukan bahan referensi tertentu yang dapat digunakan oleh calon peserta US-AAP dalam rangka memperoleh pengetahuan inti yang diujikan. Calon peserta US-AAP tidak dibatasi dalam memilih sumber informasi dan referensi yang relevan dengan materi yang tercakup dalam silabus ini. Sumber pokok berupa Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP) beserta interpretasi dan Buletin Teknis-nya.


REFERENSI US-AAP

Referensi yang dapat digunakan peserta US-AAP

  1. Sejarah Perkembangan Akuntansi Pemerintah di Indonesia
  2. Paket UU Bidang Keuangan Negara; dan regulasi derivasinya
  3. Paket Regulasi Bidang Perencanaan Pembangunan
  4. Paket UU Bidang Pemerintahan Daerah
  5. Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP)
  6. Interpretasi atas Pernyataan SAP (IPSAP) No. 01
  7. Buletin Teknis SAP No. 01 - 10


SEBUTAN/ GELAR LULUSAN US-AAP

Peserta US-AAP yang telah lulus ujian berhak untuk mendapatkan gelar atau sebutan ”AAP”.


KEWAJIBAN MENGIKUTI PPL

Mengingat perkembangan pengetahuan; praktek; dan regulasi yang ada, peserta yang telah mendapat gelar ”AAP” (telah mendapat sertifikasi ”AAP”) harus mempertahankan sertifikasi yang dimilikinya dengan mencapai 48 SKP selama 2 tahun, yaitu melalui:

  1. 14 SKP berupa praktek nyata di instansinya masing-masing; dibuktikan dengan pengakuan instansi-nya (minimal level eselon II). IAI akan menilai ”pengakuan instansi” ini dan dapat melakukan komunikasi dengan instansi terkait;
  2. 32 SKP berupa pengembangan pengetahuan/ kemampuan melalui pendidikan berkelanjutan yang diakui IAI KASP, yaitu setidak-tidaknya 10 SKP pada tahun pertama;
  3. 2 SKP berupa  keterlibatan dalam organisasi profesi di berbagai bidang yang terkait dengan tugas, fungsi dan kewenangan entitas pemerintahan; dibuktikan dengan dokumen yang valid.


Jadwal Ujian USAAP

Pelaksanaan Ujian Tahun 2021:

  1. 12-13 Januari 2021
  2. 16-17 Februari 2021
  3. 16-17 Maret 2021
  4. 13-14 April 2021


SILABUS US-AAP

Download Silabus US-AAP A, B, dan C


Contoh soal sertifikasi USAAP