View all

KOMPETENSI CHARTERED ACCOUNTANT (CA INDONESIA/LULUSAN PPAk)

Kompetensi Utama

  1. CA memiliki kapabilitas dan kompetensi dalam mengelola sistem pelaporan yang menghasilkan laporan keuangan dan laporan lainnya yang bernilai tinggi sesuai dengan prinsip-prinsip tata kelola, etika profesional dan integritas.
  2. CA memiliki kapabilitas dan kompetensi dalam pengambilan keputusan bisnis dengan mempertimbangkan dinamika lingkungan bisnis global.

Kompetensi Khusus

  1. CA memiliki kemampuan menyusun, menyajikan dan mengevaluasi laporan keuangan grup entitas dan laporan perusahaan sesuai dengan standar global yang berlaku.
  2. CA memiliki kemampuan mengevaluasi sistem informasi dan pengendalian internal berbasis teknologi informasi yang dapat:

    a.

    menghasilkan sistem pelaporan perusahaan yang relevan dan andal

    b.

    mengidentifikasi dan mengomunikasikan risiko pengendalian dan konsekuensinya untuk membuat rekomendasi.

  3. CA dapat mengevaluasi tata kelola korporat, peran dan tanggungjawab sosial danlingkungan korporat.
  4. CA menjunjung tinggi dan menerapkan nilai-nilai etika individu dan profesional. 
  5. CA memiliki kemampuan untuk mengembangkan pendekatan multi disiplin yang terintegrasi untuk mengevaluasi strategi dan keputusan bisnis, serta dapat memberi masukan kepada para eksekutif dalam berbagai penetapan strategi dan keputusan bisnis dalam lingkup global.
  6. CA memiliki kemampuan untuk menetapkan kebijakan dan pengelolaan perpajakan yang taat pada aturan perpajakan dan optimal bagi perusahaan dalam lingkup global.
  7. CA dapat mengevaluasi praktikā€“praktik akuntansi manajemen guna meningkatkan nilai organisasi.
  8. CA dapat mengevaluasi keputusan strategis keuangan perusahaan
  9. CA memiliki kemampuan untuk berfikir dan bertindak sebagai pemimpin.
  10. CA memiliki sikap untuk terus melakukan pembelajaran agar dapat mempertahankan kompetensi profesionalnya.
  11. CA memiliki kemampuan untuk menyampaikan ide dan hasil pemikiran secara lisan dan tulisan. 
  12. CA memiliki kemampuan untuk berinteraksi dan berhubungan dengan orang atau fungsi lain dalam organisasi dan antar organisasi.