Tentang IAI Kompartemen Akuntan Pendidik (IAI-KAPd)

Latar Belakang

Ikatan Akuntan Indonesia-Kompartemen Akuntan Pendidik (IAI-KAPd) bermaksud melaksanakan Simposium Nasional Akutansi (SNA) yang ke XIX di Provinsi Lampung pada tahun 2016. Hajat nasional tahunan seluruh masyarakat Akuntansi Indonesia ini menjadi wadah silaturahmi para pemerhati Akuntansi Indonesia. SNA merupakan wadah bergengsi eksklusif untuk mempresentasikan hasil riset terbaik dalam bidang akuntansi oleh para peneliti, pendidik, mahasiswa, dan praktisi dari seluruh Indonesia dan mancanegara. SNA juga menjadi agenda rutin Ikatan Akuntan Indonesia-Kompartemen Akuntan Pendidik (IAI-KAPd) sejak tahun 1997. Simposium ini merupakan wujud dari program Ikatan Akuntan Indonesia, khususnya Kompartemen Akuntan Pendidik untuk memajukan kualitas pendidikan akuntansi di Indonesia. Dalam SNA XIX di Bandar Lampung Tahun 2016 ini, IAI-KAPd akan bekerjasama dengan Ikatan Akuntan Indonesia, Ikatan Akuntan Publik Indonesia (IAPI), Ikatan Akuntan Manajemen Indonesia (IAMI).

Pada SNA XIX tahun 2016 yang akan diselenggarakan di Provinsi Lampung, Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lampung (FEB Unila) akan menjadi tuan rumah dan akan bersinergi dengan Perguruan Tinggi Swasta di Lampung. Kegiatan SNA XIX ini akan membawa pengaruh penting bagi Unila, masyarakat Lampung khususnya, akademisi, pebisnis, dan pemerintah provinsi, kota dan kabupaten. Paling tidak, simposium ini dapat memberi kesempatan bagi masyarakat “Sang Bumi Ruwa Jurai” khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya untuk menunjukkan kepedulian terhadap dunia penelitian ilmiah.

Manfaat lain adalah terciptanya komunikasi bisnis, ilmiah, budaya, pengenalan objek pariwisata lampung baik skala nasional maupun internasional yang akan memberi dampak kepada kehidupan ekonomi masyarakat di Lampung. Forum ilmiah ini akan menjadi forum besar karena diperkirakan akan dihadiri oleh sekitar 1.000 akuntan dari kalangan masyarakat ilmiah, praktisi bisnis dan sektor publik, lembaga pemerintahan dari seluruh Indonesia dan mancanegara. Mereka akan mempresentasikan hasil riset bidang akuntansi yang meliputi kajian akuntansi keuangan dan pasar modal, akuntansi managemen, akuntansi publik, audit dan perpajakan, sistem informasi akuntansi, corporate governance, akuntansi syariah, dan akuntansi pendidikan.

Hasil dari simposium ini diharapkan akan melahirkan sejumlah solusi alternatif untuk semakin mendekatkan pandangan teori dan hasil riset di dunia ilmiah dengan realitas praktik dalam sektor bisnis dan sektor publik. Hasil akhir dari simposium ini juga diharapkan akan menghasilkan rekomendasi tindakan bagi para pebisnis dan pemerintah untuk meningkatkan kualitas praktik akuntansi di Indonesia.