(Dari Meja Dewan Pengurus Nasional): "IAI Membangun Negeri"

Prof. Mardiasmo, MBA., Ph.D., CFr.A., QIA., Ak., CA., FCMA., CGMA.

“IAI Membangun Negeri”

Bulan Desember selalu menjadi bulan yang spesial bagi dunia akuntansi Indonesia. Te­pat pada 23 Desember, 58 tahun yang lalu, organisasi profesi ini didirikan oleh para founding fathers akuntan yang visioner. Mari sama-sama tanggal monumental ini diperingati sebagai Hari Akuntan Nasional di Indonesia, hari dimana governance, transparansi, akuntabilitas, serta nilai-nilai luhur yang dianut profesi ini, ditasbihkan kembali sebagai ruh pembangunan ekonomi berkelanjutan dalam mencapai cita-cita bangsa.

Momentum itu pasti sangat ditunggu-tunggu seluruh stakeholders profesi. Namun jelas itu bukanlah target akhir dari profesi ini. Tercapainya mimpi Indonesia untuk menjadi bangsa besar harus berawal dari kegelisahan Akuntan Profesional sebagai stakeholders intelektual. Kita harus membawa bangsa ini berkembang jauh di masa depan, menjadi bangsa yang disegani. Bangsa yang mampu memakmurkan rakyatnya dengan akuntan sebagai salah satu kontributornya.

Untuk mencapai level itu jelas tidak mudah. Ada langkah-langkah nyata yang harus ditempuh. Dewan Peng­urus Nasional (DPN) IAI periode 2014-2018 telah menetapkan tiga program strategis yang akan dijalankan selama empat tahun masa bhaktinya. Sebagai organisasi profesi yang menaungi seluruh akuntan Indonesia, IAI memiliki kewajiban menjaga integritas dan profesionalisme akuntan Indonesia. IAI juga bertanggungjawab terhadap terwujudnya profesi ini sebagai organisasi yang kuat dan berwibawa. Dan tidak tidak kalah penting, organisasi ini harus bisa memberikan value terbaik bagi stakeholders IAI.

Ketiga program strategis itu diarahkan demi kejayaan masa depan Akuntan Pro­fesional Indonesia, baik di kancah nasional maupun global. Tidak kalah penting, program-program itu akan membawa IAI menjadi engine of reform dalam rangka mencapai citia-cita bangsa. Di masa de­pan, profesi akuntan akan ditempat­kan sebagai sentral pembangunan ekonomi berkelanjutan. Nilai-nilai yang dianut profe­si ini akan menentukan sejauh mana bangsa ini bisa berkiprah dalam konteks perekonomian global yang transparan dan tumbuh secara berkelanjutan.

Menjadi kewajiban setiap elemen pengurus IAI untuk menyukseskan seluruh program stra­tegis tersebut. Apalagi tantangan perekonomian di masa depan pasti akan semakin berat. Era digital eco­nomy dan revolusi industri 3.0 jelas sebuah keniscayaan akan adanya perubahan mendasar dalam strata ekonomi global. Masa depan yang dipenuhi dengan VUCA (volatility, uncertainty, complexity, ambiguity) menjadi tuntutan baru bagi im­plementasi nilai-nilai kebaruan dari Akuntan Profesional.

Keberhasilan program strategis di masa kepengurusan DPN periode ini, akan menjadi jaminan kesuksesan profesi di masa depan. Artinya, kita tidak boleh gagal. Masa depan perekonomian Indonesia akan bergantung pada keberhasil­an program-program ini. Tidak lain karena di masa depan, tantangan atas governance dan transparansi akan semakin berat. Tanpa itu, perekonomian Indonesia hanya akan menjadi bulan-bulanan para penguasa ekonomi global. Meskipun kita adalah negara G-20 dengan perekonomian terbesar di dunia. Apa jadinya jika perekonomian sebe­sar itu tidak dapat dinik­mati oleh anak negeri. *

(Tulisan ini telah terbit di Majalah Akuntan Indonesia Edisi Desember 2015-Januari 2016)

CA, Tentukan Kesuksesanmu!

File Lampiran:


Isi Komentar

Nama Lengkap
@
Masukkan kode di atas

Komentar

© IKATAN AKUNTAN INDONESIA 2019