DPN Tetapkan Dua Anggota Baru DSAK IAI

Sebagai standard setter akuntansi dan keuangan di Indonesia, Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) berkomitmen untuk selalu memutakhirkan Standar Akuntansi Keuangan (SAK) sebagai salah satu pilar profesi akuntansi di Indonesia. Untuk melaksanakan tanggungjawab itu, Dewan Pengurus Nasional (DPN) IAI membentuk Dewan Standar Akuntansi Keuangan (DSAK) yang beranggotakan Akuntan Profesional dengan integritas dan kapabilitas tinggi yang akan melaksanakan proses pengembangan SAK.

DSAK IAI diberi tugas dan mandat oleh DPN sebagai badan yang berwenang menyusun standar akuntansi keuangan entitas privat di Indonesia. Dalam aktivitasnya, DSAK IAI bertugas secara independen dan bertanggungjawab untuk merumuskan, mengembangkan, dan mengesahkan SAK, yang terdiri dari Kerangka Konseptual Pelaporan Keuangan, Pernyataan SAK, Interpretasi SAK, Pernyataan Pencabutan SAK, Buletin Teknis, dan produk lain yang terkait dengan SAK. DSAK IAI juga bertugas menjawab pertanyaan terkait dengan SAK dalam hal dipandang perlu berdasarkan pertimbangan DSAK IAI.

Karena tugas penting itu pula, DPN selalu memperkuat keanggotaan DSAK IAI dengan individu yang memiliki integritas dan rekam jejak yang sangat baik, dilengkapi knowledge dan skill yang telah teruji. Berdasarkan Surat Keputusan DPN IAI Nomor: Kep-12/SK/DPN/IAI/III/2021 yang ditandatangani Ketua DPN IAI, Prof. Dr. Mardiasmo pada 10 Maret 2021, DPN IAI menetapkan dua anggota baru DSAK IAI Periode 2021-2025, atas nama Elisabeth Imelda, CA dan Zuni Barokah, CA. Elisabeth Imelda merupakan Managing Partner Kantor Akuntan Publik Imelda & Rekan – Deloitte Indonesia, yang telah berpengalaman lebih dari 30 tahun sebagai auditor di berbagai perusahaan swasta asing dan nasional, sementara Zuni Barokah adalah akademisi dari Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada.

Keduanya berhasil menjadi anggota DSAK melalui seleksi terbuka yang dilaksanakan IAI pada Februari 2021. Elisabeth dan Zuni telah melalui dua tahapan seleksi ketat, berupa (1) seleksi administrasi maupun kelengkapan persyaratan dan kualifikasi, serta (2) tahapan seleksi kapabilitas dan kompetensi yang dilaksanakan dengan metode wawancara yang dilakukan oleh tim selektor, yang merupakan perwakilan dari unsur DPN IAI, Dewan Konsultatif SAK (DKSAK) IAI, dan DSAK IAI.

Terkait dengan tahapan seleksi anggota DSAK IAI, Direktur Eksekutif IAI Elly Zarni Husin mengatakan, tahapan perekrutan anggota DSAK IAI dilakukan secara transparan merupakan bentuk komitmen akuntabilitas organisasi untuk melibatkan profesional yang kompeten, namun dengan sukarela tetap berkomitmen secara optimal dalam kiprah penyusunan standar akuntansi keuangan.

“IAI memberikan apresiasi yang tinggi atas minat dan kesediaan Akuntan Profesional Indonesia untuk turut berkontribusi dalam upaya pengembangan SAK di Indonesia,” ujar Elly. “Program konvergensi IFRS yang dilaksanakan IAI saat ini tetap membutuhkan dukungan dari semua pihak sehingga DSAK IAI terbuka menerima masukan berharga dari seluruh stakeholders,” pungkasnya.
Dengan penambahan dua anggota baru, saat ini anggota DSAK IAI berjumlah 15 orang yang terdiri para praktisi, akademisi, dan ex-officio regulator. Susunan
lengkap keanggotaan DSAK IAI dapat dilihat di link berikut:

http://iaiglobal.or.id/v03/tentang_iai/dsak

 

Tentang IAI

Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) adalah organisasi profesi akuntan yang menaungi seluruh akuntan di Indonesia yang tersebar di 34 provinsi. IAI merupakan anggota dan pendiri International Federation of Accountants (IFAC) dan ASEAN Federation of Accountants (AFA), serta associate member Chartered Accountants Worldwide (CAW).

Untuk menjaga integritas dan profesionalisme akuntan Indonesia, IAI menerbitkan Kode Etik Akuntan Indonesia. Sebagai standard setter, IAI menyusun dan menetapkan Standar Akuntansi Keuangan (SAK) yang berlaku di Indonesia.

Informasi lebih lanjut tentang IAI, kunjungi www.iaiglobal.or.id, atau email ke iai-info@iaiglobal.or.id. Terkait pandemi Covid-19, IAI telah mengeluarkan sejumlah guidance yang bisa diakses melalui http://iaiglobal.or.id/v03/home

File Lampiran:


Isi Komentar

Nama Lengkap
@
Masukkan kode di atas

Komentar

© IKATAN AKUNTAN INDONESIA 2021