Lengkapi Kepengurusan TISAK, IAI Optimalkan Sosialisasi dan Implementasi SAK di Indonesia

Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) terus mengoptimalkan keberadaan dan fungsi Tim Implementasi Standar Akuntansi Keuangan (TISAK) IAI dalam rangka meningkatkan sosialisasi dan implementasi SAK serta konvergensi IFRS di Indonesia. Saat ini kepengurusan TISAK IAI beranggotakan 9 orang, setelah IAI berhasil menyaring 7 anggota baru,  terdiri dari para praktisi dan akademisi dari berbagai instansi terkemuka di Indonesia.

Tim Implementasi SAK dibentuk dalam rangka meningkatkan pemahaman publik mengenai IFRS serta PSAK lainnya dalam rangka persiapan implementasi program konvergensi IFRS IAI melalui kegiatan sosialisasi, diskusi, diseminasi, pendidikan dan pelatihan serta kegiatan lainnya. Tim ini juga bertugas untuk memberikan masukan kepada Dewan Pengurus Nasional (DPN), Dewan Konsultatif Standar Akuntansi Keuangan (DKSAK) dan Dewan Standar Akuntansi Keuangan (DSAK) IAI dalam rangka menyikapi isu, konsultasi, dan permasalahan dalam rangka persiapan dan implementasi program konvergensi IFRS IAI.

Tugas lain yang tak kalah penting adalah untuk melakukan penelitian dan pengkajian untuk meningkatkan kualitas pelaporan keuangan dalam rangka implementasi program konvergensi IFRS IAI, serta melaksanakan kegiatan lainnya dalam rangka tindak lanjut MoU IAI dengan mitra terkait implementasi SAK sesuai penugasan DPN. Dalam pelaksanaan tugas tersebut, Tim Implementasi SAK IAI selalu berkoordinasi dengan DKSAK dan DSAK IAI.

Tim Implementasi SAK periode 2020, kini beranggotakan sembilan orang, setelah IAI berhasil menyaring tujuh anggota baru, yang terdiri dari Budi Susanto (Partner KAP-KPMG) sebagai Ketua. Delapan anggota lainnya adalah Arie Pratama (Akademisi Universitas Padjajaran), Arryu Rima Amin (Consultant Manager KAP-PwC), Alexander Tansil (Associate Director KAP-Deloitte), Dede Rusli (Associate Director KAP-EY), Renaldi Giovanni (Manager Audit Service KAP-KPMG), Surya Dominic (praktisi dari PT Telekomunikasi Indonesia Tbk.), Stefanus Aryanto (Akademisi Universitas Multimedia Nusantara), dan Didik Purwanto (praktisi dari PT Elnusa Tbk.).

Sejumlah program strategis yang akan dijalankan oleh Tim Implementasi SAK IAI periode 2020 ini antara lain adalah melakukan sosialisasi atas beberapa PSAK baru, seperti PSAK 71, PSAK 72, PSAK 73, SAK EMKM, ISAK 35, hingga Revisi SAK ETAP. TISAK juga akan terlibat dalam berbagai working group dan focus group discussion, seperti WG PSAK 74, Forum Diskusi PSAK 71 Perbankan/Perusahaan Efek, dan lainnya.

Informasi lebih lanjut tentang IAI dan Tim Implementasi SAK IAI, dapat menghubungi 021 31904232 atau kunjungi www.iaiglobal.or.id


File Lampiran:


Isi Komentar

Nama Lengkap
@
Masukkan kode di atas

Komentar

© IKATAN AKUNTAN INDONESIA 2020