Akuntan Award 2019 bagi Tokoh Akuntan Berdedikasi


Posisi terhormat yang telah diraih profesi akuntan Indonesia di masa kini, tidak bisa dilepaskan dari sumbangsih para tokoh akuntan yang memiliki dedikasi tinggi dalam menumbuhkembangkan profesi ini di Tanah Air. Karena itu, Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) menganugerahkan Akuntan Award kepada tokoh akuntan yang berdedikasi tinggi bagi perkembangan profesi akuntan di Indonesia. 

Pada tahun 2019, Akuntan Award diberikan kepada Prof. Moermahadi Soerja Djanegara (Ketua Dewan Penasihat IAI/Ketua BPK RI periode 2017-2019), Prof. Mohamad Nasir (Anggota Dewan Penasihat IAI/Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI periode 2014-2019), Ignasius Jonan (Anggota Dewan Penasihat IAI/Menteri ESDM RI periode 2014-2019 dan Menteri Perhubungan RI periode 2014-2016), Ardan Adiperdana (Anggota Dewan Penasihat IAI/Kepala BPKP periode 2015-2019), dan Prof. Mardiasmo (Ketua DPN IAI/Wakil Menteri Keuangan RI periode 2014-2019.


Prof. M. Nasir dalam sambutannya mengharapkan adanya peningkatan jumlah anggota IAI, tidak hanya dari sisi jumlah, tapi juga kualitas. Walaupun ia mengakui dalam beberapa waktu terakhir, pertumbuhan jumlah akuntan Indonesia tidak sebanding dengan jumlah lulusan perguruan tinggi jurusan akuntansi yang ada di Indonesia. “Mungkin deviasi standarnya semakin melebar antara lulusan jurusan akuntansi dengan yang sudah menjadi akuntan profesional yang memiliki kualifikasi CA (Chartered Accountants),” ujar mantan Ketua KAPd IAI itu. 

Ia menilai, tantangan profesi ini ke depan akan semakin berat. Di era disruptive innovation, dan dalam menghadapi revolusi industri 4.0, banyak individu yang justru tidak bisa mengimbangi perkembangan teknologi yang semakin pesat, tetapi mereka semakin gagap menghadapi perkembangan teknologi. “Karena itu, kita harus mengubah kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan user dalam hal ini industri atau profesi,” ujarnya.

Penyerahan Akuntan Award kepada Prof. Mohamad Nasir dilakukan pada acara syukuran ulang tahun IAI ke-62 pada 23 Desember 2019 di Grha Akuntan, Jakarta. Sementara penghargaan kepada empat tokoh akuntan lainnya telah dilakukan pada acara Konser Simfoni Akuntan bagi Negeri yang disiarkan secara live di TVRI pada 6 Desember 2019.


File Lampiran:


Isi Komentar

Nama Lengkap
@
Masukkan kode di atas

Komentar

© IKATAN AKUNTAN INDONESIA 2020