Telah Terbit DSAS Terkini Edisi Perdana

DSAS Terkini merupakan media publikasi yang disiapkan Tim Teknis IAI yang berisi rangkuman hasil pembahasan dalam rapat DSAS-IAI dalam kurun waktu tertentu. DSAS Terkini akan diterbitkan secara berkala untuk menginformasikan perkembangan terkini dari proses pengembangan SAK Syariah yang dilakukan oleh DSAS-IAI.

Topik dalam DSAS Terkini meliputi isu teknis terkait proses penyusunan SAK Syariah serta isu implementasi SAK Syariah yang dibahas dalam rapat DSAS-IAI. DSAS Terkini merupakan publikasi keputusan sementara DSAS-IAI. Keputusan final DSAS-IAI akan diterbitkan dalam bentuk PSAK, ISAK, dan Bultek Syariah.

Topik edisi perdana DSAS Terkini ini meliputi agenda DSAS-IAI 2019, akuntansi murabahah, dan penurunan nilai.

  • Agenda DSAS-IAI 2019. Agenda DSAS-IAI 2019 merupakan agenda formal DSAS-IAI selama tahun 2019, dan meliputi penerbitan, revisi, dan pencabutan PSAK dan ISAK, post implementation review PSAK 109, dan kajian keterterapan IFRS 17 pada  kontrak asuransi syariah.
  • Akuntansi murabahah. Ketentuan akuntansi murabahah akan mengalami perubahan yang, salah satunya, disebabkan oleh penerbitan PSAK 71: Instrumen Keuangan yang akan berlaku efektif pada 2020. DSAS-IAI akan melakukan revisi atas PSAK 102: Akuntansi Murabahah dan mengeluarkan ISAK 101 terkait pengakuan pendapatan murabahah dengan metode efektif.
  • Penurunan nilai. Ketentuan akuntansi penurunan nilai atas aset-aset yang berasal dari transaksi berbasis syariah akan diatur dalam PSAK tersendiri, yaitu PSAK 113, dan akan ada standar perantara (ISAK 102) sampai berlakunya PSAK 113 tersebut.

Download Softcopy dari DSAS Terkini

File Lampiran:


Isi Komentar

Nama Lengkap
@
Masukkan kode di atas

Komentar

© IKATAN AKUNTAN INDONESIA 2019