Rakernas KAPd IAI - Literasi Baru Akuntansi di Era Revolusi Industri 4.0

Kompartemen Akuntan Pendidik Ikatan Akuntan Indonesia (KAPd IAI) menyelenggarakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) pada 23-24 Januari 2019, di FEB Universitas Airlangga, Surabaya. Rakernas yang dihadiri DPN IAI, Ketua dan Pengurus KAPd IAI, perwakilan IAI Wilayah, Manajemen Eksekutif IAI, dan pengurus IAI lainnya itu ditujukan untuk menindaklanjuti koordinasi DPN IAI dan KAPd IAI dalam rangka sinkronisasi program kerja DPN dan KAPd IAI. Rakernas ini dirangkai dengan workshop Pemetaan Kurikulum Akuntansi se-Indonesia.

Anggota DPN IAI, Prof. Ainun Naim dalam arahannya menyampaikan bahwa KAPd IAI bertujuan memajukan kualitas pendidikan akuntansi di Indonesia untuk menghasilkan akuntan-akuntan professional Indonesia yang mampu turut berpartisipasi dalam pembangunan negeri. Ia menilai bahwa peningkatan kualitas akademis dalam menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 pada saat ini urgensinya sudah sedemikan besar. Agar lulusan bisa kompetitif, kurikulum perlu orientasi baru. 

Sekjen Kemenrisktekdikti RI itu mengatakan, adanya Era Revolusi Industri 4.0 tidak hanya cukup dihadapi dengan literasi lama (membaca, menulis, matematika) sebagai modal dasar untuk berkiprah di masyarakat. Diperlukan literasi baru menghadapi era Revolusi Industri 4.0 yang terdiri dari literasi data, berupa kemampuan untuk membaca, analisis, dan menggunakan informasi (big data) di dunia digital. Lalu literasi teknologi dengan memahami cara kerja mesin, aplikasi teknologi (coding, artificial intelligence, engineering principles). Yang tidak kalah penting, literasi kemanusiaan, berupa kemampuan mengimplementasikan nilai-nilai humanities, komunikasi, dan desain.

Sementara itu, Ketua IAI KAPd, Prof. Dian Agustia menyampaikan program kerja untuk periode 2019-2022. Program kerja itu didasarkan pada Prakarsa 6.1 sebagai program umum DPN IAI, dan dibagi atas enam bidang, yaitu bidang pendidikan, penelitian dan publikasi, pengabdian masyarakat dan PPL, forum keilmuan, forum dosen akuntansi perguruan tinggi, dan bidang kerjasama. Di bidang pendidikan, program kerja IAI KAPd pada tahun 2019 akan fokus pada upaya redesign kurikulum, perumumsan kompetensi SDM, dan sosialisasi instrument baru akreditasi. Lalu pada tahun 2020 difokuskan pada program penyiapan SDM dan pembaruan kurikulum.

Sementara terkait riset, IAI KAPd akan fokus pada pengembangan website baseline, pemanfaatan website (kegiatan pelatihan online submission & review) baseline, workshop penulisan naskah jurnal baseline, dan publikasi dan promosi baseline dengan menyelenggarakan IJAR Bes Paper Award. Sedangkan bidang-bidang lainnya akan difokuskan pada upaya mengintensifkan workshop, seminar, dan konferensi dengan topik-topik akuntansi yang relevan dengan dinamika ekonomi terbaru. *DED


File Lampiran:


Isi Komentar

Nama Lengkap
@
Masukkan kode di atas

Komentar

© IKATAN AKUNTAN INDONESIA 2019