Profil Calon Ketua dan Anggota DPN IAI periode 2018 - 2022

1. Prof. Mardiasmo, MBA., Ph.D., CFrA., QIA., Ak., CA., FCMA., CGMA


Prof. Mardiasmo adalah Wakil Menteri Keuangan pada Kabinet Kerja yang dilantik pada tanggal 27 Oktober 2014. Saat ini juga merupakan anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) ex-officio dari Kementerian Keuangan. Sebelumnya ia menjabat sebagai Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) tahun 2010–2014, dan menjadi Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan RI pada 2006-2010. 

Lahir di Solo, 10 Mei 1958. Ia merupakan Guru Besar Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Universitas Gadjah Mada dan dikenal tetap aktif menulis buku di bidang Perpajakan, serta baru saja menulis buku Akuntansi Sektor Publik. Mardiasmo meraih gelar Akuntan setelah menamatkan Pendidikan S1 di Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada tahun 1981. Ia melanjutkan pendidikannya ke jenjang S2 di University of Bridgeport, Connecticut, Amerika Serikat pada 1989 dan meraih gelar Master of Business Administration (MBA). Pada tahun 1999 ia menamatkan Pendidikan S3 School of Public Policy di University of Birmingham, Inggris.

Dibawah kepemimpinannya sebagai Ketua Dewan Pengurus Nasional IAI periode 2010-2014, IAI meluncurkan Chartered Accountants Indonesia sebagai kualifikasi Akuntan profesional yang mengacu kepada standar internasional. Pada periode masa jabatan 2014-2018, ia mencanangkan program IAI for Society dan melaksanakan banyak program untuk mewujudkan kejayaan Akuntan profesional demi kejayaan negeri.

2. Prof. Ainun Na’im, Ph.D., MBA., Ak., CA


Saat ini menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI, dan menjabat sebagai Komisaris Utama PT Bank BPD DIY. Sebelumnya ia merupakan Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI tahun 2012-2015, selain itu juga pernah menjabat sebagai Wakil Rektor Senior Bidang Administrasi, Keuangan, dan Sumber Daya Manusia Universitas Gadjah Mada (UGM), Dekan Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM, dan Direktur Keuangan PT Pertamina (Persero).

 Lahir pada 3 Desember 1960. Sebelumnya menjabat sebagai anggota Dewan Penasihat IAI periode 2010-2014 dan sebagai Ketua IAI Kompartemen Akuntan Pendidik periode 2006-2008. Pada masa jabatan 2014-2018 merupakan anggota DPN IAI yang mengetuai bidang pengembangan pendidikan akuntansi.

Ia adalah Guru Besar di UGM. Menyelesaikan Pendidikan sarjana akuntansi di UGM tahun 1984, menyelesaikan program MBA di Western Michigan University, AS pada tahun 1991, dan menyelesaikan program Doktor di Temple University, AS tahun 1996.

3. Drs. Ahmad Hidayat, Akt., CA., MBA


Ahmad Hidayat merupakan Ketua Dewan Audit merangkap Anggota Dewan Komisioner OJK. Beliau lahir di Banyuwangi pada tanggal 19 Juli 1966, setelah meraih gelar S1 Akuntansi dari Universitas Airlanga pada tahun 1988 beliau melanjutkan pendidikannya dengan meraih gelar MBA dari University Of Illinois, IL, USA pada tahun 2000. 

Sebelum menjadi Anggota Dewan Komisioner OJK, Ahmad Hidayat adalah Kepala Departemen dengan Jabatan Advisor Dewan Gubernur Bank Indonesia bidang keuangan. Ahmad juga menjabat anggota Dewan Pengawas Dana Pensiun Bank Indonesia periode 2015 - 2017. Pada tahun 2013 – 2017 beliau pernah bergabung sebagai anggota Dewan Pengarah Komite Penyusun Kebijakan Akuntansi Bank Indonesia (KAK BI) yang bertugas untuk menyusun Standar Akuntansi Bank Indonesia.

4. Ahalik, SE., Ak., M.Si., M.Ak., CMA., CPMA., CPSAK., CPA., DipIFR., CACP., ACPA., CA


Ahalik merupakan seorang akademisi dibidang akuntansi. Dikenal sebagai dosen dan pengajar, saat ini Ahalik juga berprofesi sebagai akuntan berpraktik dengan menjadi Partner KJA Ahalik, Partner KAP MGN, trainer IFRS, serta penulis. Pada kepengurusan IAI, Ahalik adalah pengurus IAI Wilayah DKI Jakarta untuk 3 periode sampai sekarang.

Lahir di Jakarta pada 24 Juli 1978, Ahalik merupakan lulusan S1 Akuntansi Perbanas pada tahun 2001. Beliau meraih gelar Master dari Universitas Indonesia pada tahun 2003 dan Universitas Mercubuana pada 2010. Saat ini Ahalik sedang menempuh program doktor pada bidang akuntansi di Universitas Trisakti.

5. Bahtiar Arif, SE., M.Fin., Ak., CA


Sejak Maret 2018, Bahtiar Arif merupakan Sekertaris Jenderal BPK RI. Berkarir lebih dari dua puluh tahun di BPK RI, beliau sebelumnya pernah menjabat sebagai Auditor Utama Keuangan Negara II dan Kepala Direktorat Utama Perencanaan, Evaluasi, Pengembangan, Pendidikan dan Pelatihan PKN. Lahir di Cepu pada tanggal 5 Mei 1970, Bahtiar Arif menamatkan S1 Akuntansi dari Universitas Indonesia pada tahun 1996 dan meraih S2 Development Finance dari Universitas Manchaster pada tahun 2000.

6. Dr. Bambang Pamungkas, Ak., CA., MBA., CIMBA


Bambang Pamungkas adalah Auditor Utama Keuangan Negara V, BPK RI. Telah berkarir selama 36 tahun di Pemerintahan, dimulai dari Kemenkeu, BPKP, Kemendagri dan BPK RI. Tugas jabatan fungsional dan struktural telah pernah dijalaninya sebagai pemeriksa dan pejabat eselon 4, 3, 2, dan 1. Sebelum pada jabatannya saat ini, Bambang menjabat sebagai staf ahli bidang keuangan daerah, dan Kaditama Revbang Diklat BPKP. Bambang Pamungkas merupakan lulusan STAN pada tahun 1989, lalu meraih gelar Pasca Sarjana dari University of Hull ( MBA Accounting), United Kingdom pada tahun 1992 dan meraih gelar doktor di bidang akuntansi dari Universitas Padjajaran pada tahun 2005.

7. Dr. Cris Kuntadi, SE., Ak., MM., CA., CPA., QIA., cfra., FCMA., CGMA., CIPSAS


Cris merupakan Staf Ahli Menteri Perhubungan Bidang Logistik, Multimoda, dan Keselamatan Perhubungan.

Kelahiran Banyumas, 24 Juni 1969 ini merupakan lulusan STAN pada tahun 1991. Gelar sarjana dan akuntan diperolehnya dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia pada tahun 1996. Pada 1998 Cris kemudian melanjutkan pendidikan formalnya hingga memperoleh Magister Manajemen dari Universitas Gadjah Mada dan Erasmus Universiteit Rotterdam, Nederland. Ia meraih gelar Doktor Ilmu Administrasi dari Universitas Brawijaya Malang tahun 2009.

Sebelumnya ia menjabat sebagai Inspektur Jenderal Kementerian Perhubungan RI (2015), Kepala Perwakilan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) wilayah Provinsi Jawa Tengah sejak pertengahan 2014, dan sebagai Kepala Pusdiklat BPK (2010-2014).

Selain itu Cris juga seorang pendidik di berbagai perguruan tinggi, dan penulis buku Sikencur (Sistem Kendali Kecurangan) Menata Birokrasi Bebas Korupsi dan Excellent Leadership (XL).

Cris merupakan anggota DPN IAI  periode 2010-2014, yang dipercaya pula menjadi Ketua Komite Etika (2012-2016) dan Anggota Dewan Sertifikasi Akuntan Profesional periode 2013-2016.

Pada periode 2014-2018 Cris menjadi Anggota DPN IAI yang mengetuai bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi IAI.

8. Dadang Kurnia, Ak., CA., CGAP., QIA., CFrA


Dadang merupakan Anggota DPN IAI ex-officio IAI Kompartemen Akuntan Sektor Publik (KASP). Beliau menjabat sebagai Ketua IAI KASP periode 2014-2016, dan kembali terpilih untuk periode 2016-2018. Saat ini ia menjabat sebagai Sekretaris Utama Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Republik Indonesia (BPKP) sejak Maret 2017. Sebelumnya menduduki berbagai jabatan di BPKP yaitu Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah (2014-2017), Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pengawasan BPKP, Kepala Biro Kepegawaian dan Organisasi BPKP dan Kepala Perwakilan Provinsi Kepulauan Riau. Sejak April 2018, Dadang terpilih menjadi Komisaris PT Krakatau Steel Tbk. Sebelumnya ia menjadi Komisaris PT Dok dan Perkapalan Kodja Bahari (Persero) mulai September 2016.

Lahir di Garut pada 30 September 1961, ia memperoleh gelar Akuntan setelah lulus Sekolah Tinggi Akuntansi Negara tahun 1990, kemudian memperoleh gelar Master of Business Administration (MBA) pada tahun 1993 dari University of Rochester, New York Amerika Serikat.

9. David Elezaar Sonak, SE., MBA., CA


David Elezaar Sonak adalah CEO dari JakTV sejak Agustus 2017. Memiliki pengalaman kurang lebih dua puluh tahun di bidang Akuntansi dan Bisnis, yang meliputi berbagai penugasan sebagai CEO, Direktur Keuangan dan CFO perusahaan publik. Pernah bekerja di industri tambang, media dan FMCG, David juga pernah berkarir sebagai auditor pada KAP di Indonesia dan USA.

Beberapa perusahaan dimana David pernah bekerja antara lain: PricewaterhouseCoopers, Johnson & Johnson, ANTV, Media Nusantara Citra Grup, Capital Managers Asia dan Mahaka Grup. Selain pengalaman profesional David pernah juga menjadi dosen paruh waktu pada salah satu Universitas terkemuka di Indonesia.

David merupakan seorang Chartered Accountant Indonesia. Lulus S1 Akuntansi pada tahun 1997 dari Universitas Indonesia dan meraih gelar MBA in Finance and Marketing pada tahun 2002 dari Georgia State University, Atlanta, USA.

10. Doddy Setiadi, Ak., MM., CA., CPA., QIA


Saat ini Doddy Setiadi menjabat sebagai Direktur PLP Bidang Pertahanan dan Keamanan Deputi Bidang PIP Polhukam BPKP RI. Sebelumnya beliau merupakan Kepala Perwakilan BPKP Kalimantan Timur dan Direktur Pengawasan PKD Wilayah I, Deputi Bidang Pengawasan PKD BPKP. Doddy Setiadi lahir di Solo pada tanggal 2 Oktober 1962, beliau merupakan lulusan STAN dan STIE IPWI di bidang Manajemen Pemasaran.

11. Doni Budiono, ST., SE., Ak., SH., MH., M.SA., CA


Doni Budiono merupakan Partner KJA/KKP Doni Budiono ST, SE. Ak., SH, MH, MSA. Selain itu Doni Budiono juga merupakan pimpinan dari Kantor Advokat Konsultan Hukum, Konsultan Hak Kekayaan Intelektual, Kuasa Hukum PP, Kurator dan pengurus AKPI, Pada kepengurusan IAI periode saat ini adalah pengurus IAI KA KJA bidang Pengembangan Industri dan Kelembagaan,  Pengurus IAI KAPj Jawa Timur,  Pengurus IKPI Surabaya Seksi Bantuan Hukum.

Lahir di Madiun pada tanggal 28 Maret 1966, Doni Budiono, merupakan lulusan Sarjana Teknik Elektro UK PETRA 1992, Sarjana Ekonomi Akuntansi 2002 dan Sarjana Hukum 2010 dan Magister Hukum 2011 dan sampai saat ini menempuh Program S3 Ilmu Hukum di Universitas Tujuh Belas Agustus 1945 Surabaya dan menempuh Pendidikan Profesi Akuntansi di Universitas Surabaya pada tahun 2004, Magister Sains Akuntansi di STIESIA Surabaya pada tahun 2016.

12. Dr. Dwi Martani, MM., Ak., CPA., CA


Dwi merupakan dosen senior di Departemen Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (UI). 

Aktif sebagai anggota Komite Kerja pada Komite Standar Akuntansi Pemerintah (KSAP) sejak 2009 dan saat ini menjabat wakil ketua KSAP mulai 2017, merupakan Anggota Dewan Audit OJK sejak 2018, dan Anggota Komite Penyusun Kebijakan Akuntansi Keuangan Bank Indonesia, sejak 2013.

Sebelumnya pernah menjabat Sekretaris Departemen Akuntansi FEUI (2005–2009) dan Ketua Departemen Akuntansi FEB UI (2009-2013). Aktif menulis salah satunya Buku Akuntansi Keuangan Menengah berbasis PSAK.

Selain itu, saat ini juga menjadi Anggota Komite Audit di PT Unilever, dan sebelumnya pada PT Pertamina (Persero).

Pada periode 2014-2018, Dwi merupakan Anggota DPN IAI bidang sektor publik dan pengembangan pendidikan akuntansi. Sebelumnya, menjadi Anggota Dewan Penguji Ujian Sertifikasi Akuntan Publik-IAI (2007-2009), anggota Tim Implementasi IFRS IAI (2009–2013), Wakil Ketua IAI Kompartemen Akuntan Sektor Publik (2010-2011), serta Sekjen IAI KAPd periode 2012-2014. 

Lahir di Wonogiri, 11 Juni 1971, sebagai alumni jurusan Akuntansi UI lulus tahun 1993. Memperoleh Doktor dari Program Pascasarjana UI Jurusan Ilmu Manajemen, Program Studi Keuangan tahun 2004.

13. Dwi Setiawan Susanto, SE., M.Si., Ak., CA., FCMA., CGMA