Press Release IAI - SAK EMKM, Literasi Akuntansi untuk UMKM Indonesia

Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) menerbitkan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil Menengah (SAK EMKM) untuk membantu UMKM Indonesia agar menjadi lebih transparan, efisien, serta akuntabel. Aspek itu selama ini menjadi tantangan terbesar UMKM Indonesia dalam mengakses permodalan dari institusi keuangan, sehingga menghambat pertumbuhan dan peran UMKM sebagai penopang ekonomi Indonesia di masa depan. 

Selain itu, diterbitkannya SAK EMKM juga dilandasi kesadaran akan besarnya dukungan sektor tersebut terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia yang terbukti bisa bertahan di saat krisis serta mampu tumbuh pesat ketika ekonomi menggeliat. Sebelumnya, IAI juga telah menerbitkan SAK Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (ETAP) pada tahun 2009 untuk mendukung pelaporan keuangan entitas yang tidak mengharuskan adanya akuntabilitas publik.

Hal itu dikatakan Ketua IAI Kompatemen Akuntan Kantor Jasa Akuntan (KA-KJA), Tya Adityasih dalam Diskusi Pembukuan Akuntansi Sederhana untuk Usaha Mikro yang diselenggarakan Kementerian Koperasi dan UMKM RI, di Jakarta. KJA merupakan, entitas yang telah diberi izin dan kewenangan oleh Kementerian Keuangan dalam memberikan jasa akuntansi seperti jasa pembukuan, jasa kompilasi laporan keuangan, jasa manajemen, akuntansi manajemen, konsultan manajemen, jasa perpajakan, jasa prosedur yang disepakati atas informasi keuangan, dan jasa sistem teknologi informasi.

“KJA dapat membantu para UMKM untuk memperoleh Laporan Keuangan yang sesuai SAK dan menjadikan laporan keuangannya bankable,” jelas Tia. “Standar Akuntansi yang digunakan adalah SAK EMKM, merupakan SAK yang paling sederhana,” ia menambahkan.

Tia yang juga anggota DPN IAI mengatakan, KJA dapat membantu UMKM melalui laporan keuangan yang telah dibuat dengan menggunakan aplikasi pembukuan yang sederhana, menggantikan metode pencatatan keuangan secara tradisional. Namun untuk mendapatkan laporan keuangan yang memadai dan sesuai standar maka masih dibutuhkan sedikit penyempurnaan agar menggambarkan laporan keuangan yang sesuai dengan standar Akuntansi Keuangan.

Informasi tentang IAI bisa menghubungi Dedi Irawan di 021 31904232 ext 625 atau kunjungi www.iaiglobal.or.id


File Lampiran:


Isi Komentar

Nama Lengkap
@
Masukkan kode di atas

Komentar

© IKATAN AKUNTAN INDONESIA 2019