Permintaan Tanggapan Discussion Paper : Reviu Komprehensif SAK ETAP dan Revisi PSAK untuk Entitas Nirlaba

Setelah konvergensi IFRS yang telah berjalan kurang lebih lima tahun sejak tahun 2012, kini tiba saatnya DSAK IAI melakukan reformasi untuk SAK Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (ETAP) dan standar akuntansi nirlaba. PSAK 45: Pelaporan Keuangan Entitas Nirlaba sejak diterbitkan tahun 1997 belum mengalami revisi yang signifikan. Begitu pula dengan SAK ETAP sejak diterbitkan tahun 2009. Dengan berlakunya SAK umum berbasis IFRS dan juga SAK Entitas Mikro, Kecil dan Menengah (EMKM) untuk UMKM, maka kini adalah saat yang tepat untuk memikirkan perkembangan standar akuntansi nirlaba dan peningkatan kualitas SAK ETAP.

DSAK IAI berencana untuk melakukan revisi signifikan terhadap SAK ETAP dan PSAK 45 sehingga entitas di Indonesia termasuk nirlaba memiliki acuan pembuatan laporan keuangan yang berkualitas.

Tuntutan ekonomi digital yang semakin cepat mengubah pasar menantang entitas di Indonesia untuk mampu bertahan dan bersaing di arena global.  Entitas yang sehat dengan pelaporan akuntansi yang transparan membutuhkan suatu standar akuntansi yang berkualitas dan mutakhir. Tentunya revisi signifikan akan memiliki pengaruh luas dan membutuhkan informasi yang komprehensif untuk menempatkan SAK ETAP dan  PSAK 45 dalam struktur kerangka Standar Akuntansi Keuangan di Indonesia.

Sebagai materi diskusi pada urun rembug nasional yang merupakan rangkaian acara HUT IAI ke-60 di Semarang (lihat Sesi DSAK IAI “Reformasi SAK ETAP dan Akuntansi Nirlaba, Tugas Besar IAI untuk Negeri”), DSAK IAI menerbitkan Discussion Paper Reviu Komprehensif atas SAK ETAP dan Revisi PSAK Untuk Entitas Nirlaba.

Tanggapan dari Bapak/Ibu atas discussion paper tersebut sangat berharga dan merupakan kontribusi besar bagi penyempurnaan standar ini.

Tanggapan tertulis dapat disampaikan  pada acara HUT IAI ke-60 atau dapat dikirimkan selambat-lambatnya tanggal 1 Februari 2018. 

Tanggapan dapat dikirimkan ke:

Dewan Standar Akuntansi Keuangan

Ikatan Akuntan Indonesia

Grha Akuntan, Jalan Sindanglaya No 1, Menteng,Jakarta 10310

Telp: (021) 31904232 Fax: (021) 3152076

E-mail: dsak@iaiglobal.or.id; iai-info@iaiglobal.or.id

File Lampiran:


Isi Komentar

Nama Lengkap
@
Masukkan kode di atas

Komentar

JOAN LUKAS

  • 01 Desember 2017 02:55:21
  • |
  • joanlukasloancompany@gmail.com

Halo, Namaku Mrs. Joan Lukas, saya adalah pemberi pinjaman pinjaman pribadi dan CEO perusahaan pinjaman Joan Lukas dimana saya menawarkan semua jenis pinjaman kepada individu dan bisnis dengan tingkat bunga 2% yang terjangkau .. Apakah Anda memerlukan pinjaman tanpa jaminan? berinvestasi di bisnis Anda, melunasi hutang, atau membangun rumah jika Anda ditolak oleh lembaga keuangan atau bank? maka jangan khawatir lagi, karena Anda berada di perusahaan pinjaman yang tepat yang akan mengubah status keuangan Anda menjadi lebih baik. hubungi kami hari ini untuk jumlah pinjaman melalui email: joanlukasloancompany@gmail.com


© IKATAN AKUNTAN INDONESIA 2018