SAK EMKM

Dewan Standar Akuntansi Keuangan IAI telah menerbitkan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil, dan Menengah (SAK EMKM) yang berlaku efektif 1 januari 2018. suatu entitas yang termasuk dalam ruang lingkup SAK EMKM tersebut dapat memilih untuk menerapkan SAK tersebut sebagai dasar penyusunan laporan keuangan apabila memenuhi kriteria setidaknya selama 2 tahun berturut turut.

 

Mempertimbangkan pengakuan, pengukuran, dan penyajian yang diatur dalam SAK EMKM lebih sederhana dibandingkan dengan SAK umum maupun SAK ETAP, maka pilihan menggunakan SAK EMKM harusnya menjadi suatu agenda atau rencana pasti dan diharapkan dapat meningkatkan benefit atau menurunkan cost bagi kalangan entitas di masa depan. Benefit and cost yang masuk akal merupakan syarat mutlak untuk kemajuan suatu entitas tanpa mengurangi kepatuhan entitas terhadap standar akuntansi yang berlaku secara umum di Indonesia.

 

Manfaat dan biaya yang akan timbul juga meliputi keyakinan bahwa pilihan terhadap SAK EMKM akan sejalan atau sinergi dengan peraturan perpajakan yang berlaku di Indonesia sehingga tidak perlu ada kekhawatiran bagi pelaku bisnis EMKM akan timbulnya potensi kewajiban pajak masa depan yang akan menjadi sandungan bagi pengembangan bisnis EMKM.

 

IAI memfasilitasi pelaihan SAK EMKM untuk menajawab tantangan tersbut diatas dengan memberikan serangkaian diskusi yang saling terkait antara beberapa disiplin keilmuan dengan kemasan yang relatif sederhana meliputi :

 

1. Bagaimana suatu laporan keuangan disusun berdasarkan SAK EMKM?

2. Bagaimana suatu entitas merubah dasar penyusunannya dari SAK/SAK ETAP menjadi SAK EMKM?

3. Pengenalan penyusunan LK Sederhana yang applicable

4. Latihan Penyusunan Laporan Keuangan Bernasis EMKM

5. latihan mentransformasikan informasi keuangan berbasis SAK EMKM kedalam pelaporan pajak seperti SPT PPh badan

 

Pelatihan ini diharapkan dapat membantu para pelaku bisnis EMKM, Profesional, Kalangan Perguruan Tinggi, dan staf atau calon staf EMKM untuk merencanakan bisnis EMKM di masa depan (1 Januari 2018) sehingga dapat menciptakan EMKM menjadi suatu lembaga yang memiliki laporan keuangan yang akuntabel dan dapat diandalkan serta akan meningkatkan kepercayaan publik terhadap EMKM

 

Materi Pelatihan :
1.    Ruang lingkup EMKM
2.    Penyajian Laporan Keuangan EMKM
3.    Akuntansi Aset dalam EMKM
4.    Transaksi Mata uang Asing dalam EMKM
5.    Akuntansi Pendapatan EMKM
6.    Pajak Penghasilan EMKM
 


Durasi : 2 Hari | 16 SKP
Hari,Tanggal Pelaksanaan : Rabu - Kamis, 18 - 19 Desember 2019
Tempat Pelaksanaan: Grha Akuntan, Jl Sindanglaya No. 1 Menteng Jakpus
Fasilitas : Sertifikat, Softcopy (Flashdisk) dan Hardcopy, Makan siang dan Coffee Break, Training Kit
Biaya : Rp. 2.900.000,00 (Anggota IAI), Rp. 3.250.000,00 (Non Anggota IAI)
© 2016. IAIGlobal.