PENATAUSAHAAN BARANG MILIK NEGARA/DAERAH BAGI APARATUR NON AKUNTAN

Penatausahaan Barang Milik Negara/Daerah (BMN/D) merupakan salah satu bagian penting dalam pengelolaan keuangan pemerintahan, baik buruknya penatausahaan ini akan berpengaruh langsung terhadap opini yang akan diberikan oleh BPK RI. Untuk dapat menghasilkan penatausahaan BMN/D yang terbaik, sangat diperlukan pemahaman tentang standar akuntansi pemerintahan, bagaimana seharusnya memperlakukan BMN/D menurut akuntansi, batasan-batasan apa saja yang harus dipahami sehingga penyajian BMN/D dalam laporan keuangan menjadi wajar, bagaimana keterkaitan DMN/D dalam komponen laporan keuangan, dan lain sebagainya.

Permasalahannya adalah tidak semua aparatur mengelola BMN/D berlatar belakang pendidikan akuntansi, dan memiliki pemahaman yang cukup tentang akuntansi, sementara hal tersebut sangat diperlukan guna mewujudkan penatausahaan BMN/D yang berkualitas.

Ikatan Akuntan Indonesia bermaksud untuk memberikan solusi atas permasalahan tersebut, dengan diselenggarakannya pelatihan khusus bagi aparatur yang berlatar belakang pendidikan non-akuntansi. Melalui pelatihan ini diharapkan kebutuhan para aparatur pemerintah yang berlatarbelakang non-akuntan untuk bisa memahami akuntansi dengan baik dan benar dapat terpenuhi.

 

Materi :

  1. Prinspi-prinsip Dasar Akuntansi Aset
  2. Kebijakan Pengelolaan Barang milik Negara/Daerah
  3. Penatausahaan Barang milik Negara/Daerah
  4. Keterkaitan komponen laporan keuangan dengan Barang milik Negara/Daerah

Durasi : 2 Hari | 16 SKP
Hari,Tanggal Pelaksanaan : Kamis - Jumat, 24 - 25 Oktober 2019
Tempat Pelaksanaan: Grha Akuntan, Jl Sindanglaya No. 1 Menteng Jakpus
Fasilitas : Sertifikat, Softcopy (Flashdisk) dan Hardcopy, Makan siang dan Coffee Break, Training Kit
Biaya : Rp. 2.900.000,00 (Anggota IAI), Rp. 3.250.000,00 (Non Anggota IAI)
© 2016. IAIGlobal.