PANDUAN PRAKTIS AKUNTANSI DANA DESA

Pemerintah telah mengucurkan Dana Desa mulai tahun 2015, hal ini memunculkan harapan baru untuk menciptakan kemajuan pembangunan di pedesaan tetapi juga menimbulkan tanggung jawab besar yang akan dipikul oleh pemerintah daerah, khususnya perangkat desa. Gejala menculnya berbagai kendala sudah terlihat dari kondisi pedesaan, ada beberapa masalah yang harus dituntaskan dulu. Masalah itu muncul dari minimnya pengetahuan para perangkat desa dalam tata kelola pengelolaan dan pelaporan keuangan. Padahal mereka diharuskan untuk menjaga transparansi dan akuntabilitas penggunaan dana.

            Ikatan Akuntan Indonesia menyelenggarakan pelatihan untuk memberikan pemahaman konsep dan praktik terkait pencatatan dan pelaporan yang benar sebelum dana desa direalisasikan. Karena setiap dana yang bersumber dari APBN tak akan lepas dari pemeriksaan BPK sehingga para perangkat desa harus lebih hati hati dalam membuat laporan keuangan jangan sampai menjadi “pasien” penegak hukum.

 

Rincian Materi Pelatihan :

  • Gambaran Umum dan Regulasi Keuangan Desa
  • Pelaksanaan dan Penatausahaan Keuangan Desa
  • Pelaporan, Pertanggungjawaban dan Pengawasan Keuangan Desa
  • System Requirement dan Istalasi Aplikasi
  • Aplikasi Pengelolaan Keuangan Desa – SISKEUDES

Durasi : 2 Hari | 16 SKP
Hari,Tanggal Pelaksanaan : Kamis - Jumat, 14 - 15 November 2019
Tempat Pelaksanaan: Grha Akuntan, Jl Sindanglaya No. 1 Menteng Jakpus
Fasilitas : Sertifikat, Softcopy (Flashdisk) dan Hardcopy, Makan siang dan Coffee Break, Training Kit
Biaya : Rp. 2.900.000,00 (Anggota IAI), Rp. 3.250.000,00 (Non Anggota IAI)
© 2016. IAIGlobal.