Dewan Standar Akuntansi Keuangan Ikatan Akuntan Indonesia (DSAK IAI) mengesahkan tiga Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) yang berlaku efektif pada 1 Januari 2020. PSAK tersebut yakni: PSAK 71 Instrumen Keuangan yang mengadopsi IFRS 9, PSAK 72 Pendapatan dari Kontrak dengan Pelanggan yang mengadopsi IFRS 15, dan PSAK 73 Sewa yang mengadopsi IFRS 16. 

Dalam proses penerapannya, tentunya tidak hanya laporan keuangan yang berubah secara signifikan tetapi juga aspek perpajakan. Sebagai contoh, jika pada PSAK 23 pengakuan pendapatan berbasis pada perpindahan risiko, pada PSAK 72 pengakuan ini berbasis pada perpindahan kontrol yang menyebabkan entitas dapat mengakui pendapatannya lebih cepat atau lebih lambat. Perbedaan pengakuan pendapatan dan beban ini tentu berpengaruh terhadap perhitungan pajak penghasilan (PPh) badan. Selain itu, penerapan PSAK 71 kemungkinan besar akan meningkatkan cadangan perbankan yang tidak bisa deductible berdasarkan peraturan perpajakan. Sebagai akibatnya, perbedaan laba akuntansi dan laba perpajakan akan semakin besar.

Oleh karena itu, melalui pelatihan ini diharapkan peserta mampu memahami aspek perpajakan yang akan terjadi sebagai dampak dari berlaku efektifnya PSAK 71, PSAK 72 dan PSAK 73. Sehingga industri dapat mempersiapkan diri dalam pengambilan keputusan bisnis yang strategis.


Durasi : 2 Hari | 16 SKP
Hari,Tanggal Pelaksanaan : Rabu - Kamis, 24 - 25 Juni 2020
Tempat Pelaksanaan: Jl. Jend. Sudirman Kav. 86, Jakarta Pusat
Fasilitas : Sertifikat, Softcopy (Flashdisk) dan Hardcopy, Makan siang dan Coffee Break, Training Kit
Biaya : Rp. 2.900.000,00 (Anggota IAI), Rp. 3.250.000,00 (Non Anggota IAI)
© 2016. IAIGlobal.