Kompetensi & Silabus CA

KOMPETENSI CA

KOMPETENSI UTAMA
  1. CA memiliki kapabilitas dan kompetensi dalam mengelola sistem pelaporan yang menghasilkan laporan keuangan dan laporan lainnya yang bernilai tinggi sesuai dengan prinsip-prinsip tata kelola, etika profesional dan integritas.
  2. CA memiliki kapabilitas dan kompetensi dalam pengambilan keputusan bisnis dengan mempertimbangkan dinamika bisnis global.

KOMPETENSI KHUSUS

  1. CA memiliki kemampuan menyusun, menyajikan dan mengevaluasi laporan keuangan grup entitas dan laporan perusahaan sesuai dengan standar global yang berlaku.
  2. CA memiliki kemampuan mengevaluasi sistem informasi dan pengendalian internal berbasis teknologi informasi yang dapat:
    a.

    Menghasilkan system pelaporan perusahaan yang relevan dan andal.

    b.

    Mengidentifikasi dan mengkomunikasikan risiko pengendalian dan konsekuensinya untuk membuat rekomendasi

  3. CA dapat mengevaluasi tata kelola korporat, peran dan tanggung jawab sosial dan lingkungan korporat.
  4. CA menjunjung tinggi dan menerapkan nilai-nilai etika individu dan profesional.
  5. CA memiliki kemampuan untuk mengembangkan pendekatan multi disiplin yang terintegrasi untuk mengevaluasi strategi dan keputusan bisnis, serta dapat memberi masukan kepada eksekutif dalam berbagai penetapan strategi dan keputusan bisnis dalam lingkup nasional dan internasional.
  6. CA memiliki kemampuan untuk menetapkan kebijakan pengelolaan perpajakan yang taat pada aturan perpajakan dan optimal perusahaan dalam lingkup global.
  7. CA dapat mengevaluasi praktik-praktik akuntansi manajemen guna meningkatkan nilai organisasi.
  8. CA dapat mengevaluasi keputusan strategis keuangan perusahaan.
  9. CA memiliki kemampuan untuk berpikir dan bertindak sebagai pemimpin.
  10. CA memiliki kemampuan untuk menyampaikan ide dan hasil pemikiran secara lisan dan tulisan.
  11. CA memiliki kemampuan untuk berinteraksi dan berhubungan dengan orang atau fungsi lain dalam organisasi dan antar organisasi.


RINGKASAN SILABUS CA


1. PELAPORAN KORPORAT

  • Pilar standar akuntansi di Indonsia untuk entitaas privat dan entitas publik
  • Kerangka konseptual akuntansi privat dan publik
  • Penyajian laporan keuangan tahunan dan interim, termasuk mata uang fungsional dan pelaporan, segmen operasi pihak-pihak berelasi, peristiwa setelah periode pelaporan, kebijakan dan estimasi akuntansi, kesalahan periode lalu, dan laba per saham
  • Penyajian laporan keuangan konsolidasi dan tersendiri.
  • Akuntansi aset lancar yang yang meliputi persediaan dan aset dimiliki untuk dijual
  • Akuntansi aset lancar yang meliputi aset tetap, aset tidak berwujud, aset biolojik, properti investasi, biaya pinjaman, dan penurunan nilai aset.
  • Akuntansi sewa, termasuk perjanjian mengandung sewa dan perjanjian konsesi jasa
  • Akuntansi instrumen keuangan yang meliputi aset keuangan, liabilitas keuangan, dan instrumen ekuitas
  • Akuntansi imbalan kerja yang meliputi jangka pendek, jangka panjang, pascakerja, pesangon, dan imbalan berbasis saham.
  • Akuntansi provisi dan kontijensi
  • Akuntansi kombinasi bisnis yang meliputi kombinasi bisnis entitas sepengendali
  • Akuntansi investasi pada entitas lain yang meliputi investasi pada entitas asosiasi, ventura bersama, dan operasi bersama
  • Akuntansi pendapatan, termasuk kontrak konstruksi, real estat, dan program loyalitas pelanggan\
  • Analisis laporan keuangan
  • pelaporan keuangan entitas pemerintah
  • pelaporan keuangan entitas syariah
  • Pelaporan terintegrasi

2. ETIKA PROFESI DAN TATA KELOLA KORPORAT

  • Pengantar Etika Profesi dan Tata Kelola Korporat
  • Teori Etika dan Pengambilan Keputusan beretika
  • Lingkungan Wtika dan Akuntansi
  • Etika Akuntan profesional (kode Etik Akutnan profesional dan IFAC Code of ethics (Part A dan Part C)
  • Etika Akuntan profesional (IFAC Code of Ethics (part B)
  • Iklim Etika dan Integritas Organisasi

    i.

    Alasan diperlukan Tata kelola yang Baik dan Etika Bisnis

    II.

    Definisi dan Prinsip Dasar Tata Kelola yang Baik dan Etika Bisnis

    III.

    Tinjau Struktur tata Kelola di Indonesia

    IV.

    Prinsip-prinsip tata Kelola di Indonesia

    V.

    Manfaat Tata Kelola bagi Korporat dan Lingkungan

    VI.

    Overview Regulasi dan Pedoman Tata Kelola di Indonesia

    VII.

    Instrumen penilai dan Bukti Empiris terhadap Praktek Tata Kelola di Indonesia dan ASEAN

  • Prinsip Perlindungan Terhadap Hak Penegang Saham
  • Prinsip Perlakuan Setara terhadap Pemegang Saham
  • Prinsip tanggung Jawb Dewan
  • Komite-komite di bawah Dewan Komisaris
  • Disclosure dan Transparancy, Internal Control
  • Peran dan tanggung jawab Auditor Eksternal dan Internal.
  • Prinsip Peran pemangku Kepentingan dan Tanggung Jawab Korporat

3. MANAJEMEN STRATEJIK DAN KEPIMPINAN

  • Pengantar manajemen Stratejik dan Kepemimpinan
  • Pemetaan Arah Perusahaan: Visi dan Misi, Tujuan, dan Strategi
  • Evaluasi Lingkungan Eksternal Perusahaan
  • Evaluasi Sumber Daya, Kapabilitas, dan Daya Saing
  • Strategi Kompetitif Generik
  • Penguatan Posisi Kompetitif: langkah Stratejik, Waktu, dan Lingkup Operasi
  • Strategi Korporat: Diversifikasi dan Multibisnis
  • Etika, tanggung jawab Sosial Korporat, Keberlanjutan Lingkungan, dan Strategi
  • Membangun Organisasi yang Mampu Melaksanakan Strategi dengan Baik: SUmber Daya Manusia, Kemampuan dan Struktur
  • Mengelola Operasi Internal: Tindakan yang Mendorong Pelaksanaan Strategi dengan Baik
  • Budaya Perusahaan dan Kepemimpinan: Kunci Pelaksanaan Stragtegi dengan baik
  • kepemimpinan Stratejik
  • perubahan Stratejik dan Organisasi

4.  MANAJEMEN PERPAJAKAN

  • Pengantar KUP
  • Pengantar PPh
  • Pengantar PPN
  • Pengertian Dasar Manajemen Pajak
  • Pemilihan Sumber Pembiayaan
  • Tax Planning dan Pengendalian atas Penghasilan Usaha dan Penghasilan Lainnya
  • Tax Planning dan Pengendalian atas Unsur-unsur Beban Pokok Penjualan dan Pengurang Penghasilan Bruto
  • Tax Planning dan Pengendalian atas PPh Pasal 21
  • Tax Planning dan Pengendalian atas unsur-unsur objek withholding tax (selain PPh Pasal 21)
  • Tax Planning dan Pengendalian atas Pajak Pertambahan Nilai
  • Tax Planning dalam pemanfaatan tax incentives
  • Konsep dasar pajak internasional

5. AKUNTANSI MANAJEMEN LANJUTAN

  • Pengantar Akuntansi Manajemen Lanjutan
  • Pengembangan Sistem Manajemen Biaya
  • Penggunaan Sistem Manajemen Biaya untuk Effisiensi
  • Penggunaan Sistem Manajemen Biaya untuk Pengambilan Keputusan Stratejik - Pelanggan
  • Penggunaan Sistem Manajemen Biaya untuk Pengambilan Keputusan Stratejik - Produk
  • Penggunaan Informasi Akuntansi untuk Pengambilan Keputusan Jangka Pendek
  • Penggunaan Informasi Akuntansi untuk Perencanaan Laba
  • Akuntansi Manajemen Lingkungan
  • Landasan Sistem Pengendalian Stratejik
  • Proses Penyusunan Anggaran
  • Sistem Pengendalian Stratejik - Penekanan pada Pengendalian Keuangan
  • Sistem Pengendalian Stratejik Terintegrasi
  • Sistem Pengendalian Stratejik - Proses Pembangunan “Awareness dan Keselarasan (Alignment)”
  • Sistem Pengendalian Stratejik - Keterkaitan dengan Sistem Kompensasi

6. MANAJEMEN KEUANGAN LANJUTAN

  • Pengelolaan Nilai Perusahaan, Strategi, dan Nilai Perusahaan
  • Perhitungan Penciptaan Nilai
  • Pengukuran Kinerja Perusahaan Keseluruhan
  • Merjer, Akuisisi, dan Divestasi
  • Kesulitan Keuangan
  • Manajemen Tresuri dan Modal Kerja
  • Options dan Manajemen Keuangan
  • Warrants dan Convertibles
  • Derivatif dan Lindung Nilai Resiko
  • Manajemen Risiko Perusahaan
  • Strategi Pendanaan
  • Teori dan Pasar Valuta Asing
  • Penentuan dan Peramalan Nilai Tukar, Transaction Exposure
  • Operating Exposure dan Translation Exposure

7. SISTEM INFORMASI DAN PENGENDALIAN INTERNAL

  • Pengantar Sistem Informasi dan Pengendalian Internal
  • Sistem Informasi Eksekutif (EIS)
  • Peran Teknologi Informasi dalam Mendukung Sistem Informasi
  • Sistem Informasi dan Pengendalian Internal
  • Audit atas Sistem Informasi Berbasis Teknologi Informasi
  • Siklus Proses Bisnis
  • Pembahasan Kasus: Mengidentifikasi Kelemahan dari Narasi suatu Siklus Akuntansi dan Memberikan Rekomendasi Pengendalian yang Disarankan.
  • Siklus Proses Bisnis Pendukung: Manajemen Sumber Daya Manusia dan Siklus Penggajian
  • Siklus Proses Bisnis Pendukung: Buku Besar (General Ledger) dan Siklus Pelaporan
  • Internal Control over Financial Reporting: Implementasi and Desain IcoFR
  • Internal Control over Financial Reporting: Evaluasi dan Pelaporan ICoFR
  • Pembahasan Kasus: Siklus dalam Industri Jasa Keuangan.

Download Silabus

Kembali ke atas